Sabtu 02 May 2020 09:07 WIB

Tempat Perakitan Ford Mustang Dipakai untuk Produksi Masker

Tempat produksi Ford Mustang R Spec di Australia dipakai produksi masker.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Ford Mustang. ILustrasi
Foto: Dok: Ford
Ford Mustang. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE--Ford Mustang merupakan salah satu sportcar yang paling digemari di Australia. Sampai-sampai, Ford pun menghadirkan produk limited edition lewat Ford Mustang R Spec. Produk spesial ini pun dirakit secara khusus di Melbourne.

Dilansir dari Car Advice pada Sabtu (2/5), disebut bahwa konsumen mobil edisi terbatas itu terpaksa harus mengalah sejenak karena pandemi corona. Mengingat, sebagian fasilitas produksi dalam perakitan Ford Mustang R Spec itu tengah digunakan untuk membuat masker.

Baca Juga

Biasanya, fasilitas produksi itu mampu merakit mobil limited edition tersebut sebanyak enam unit per hari. Tapi, untuk sementara, kemampuanya harus menurun menjadi hanya empat mobil per hari.

Penurunan kapasitas ini sendiri mulai terjadi sejak April 2020. Dengan fasilitas dan sumber daya yang ada, fasilitas produksi itu mampu membuat 6 ribu masker medis per hari. Hingga saat ini, fasilitas produksi itu telah menghasilkan sekitar 50 ribu masker.

Pimpinan Local Ford Performance, Rob Herrod mengatakan, fasilitas ini sendiri dijadwalkan untuk memproduksi Mustang R Spec pada Januari hingga Juni 2020. Mustang R Spec hanya ditawarkan di Australia sebanyak 500 unit.

Meski kapasitas produksi menurun sementara, ia berkomitmen agar penundaan pengiriman kendaraan kepada konsumen tidak terjadi terlalu lama.

"Oleh karena itu, kami lebih mendahulukan untuk merakit mobil yang telah dipesan oleh konsumen. Setelah itu terpenuhi, baru kami akan merakit mobil untuk persedian bagi dealer," kata Herrod.

Fasilitas produksi itu sendiri digunakan untuk merakit supercharger kit untuk Mustang R Spec. Selain itu, fasilitas tersebut juga digunakan untuk merakit suspensi, knalpot dan bodywork.

Hingga saat ini, sudah terdapat 300 unit Mustang R Spec yang telah selesai dirakit. Artinya, kini tersisa 200 unit yang harus terselesaikan dalam kurun waktu sekitar dua bulan. Produk edisi terbatas ini sendiri dinilai cukup vital bagi Ford karena performa dan desain spesial yang dihadirkan dinilai mampu membuat brand Mustang semakin digemari para pecinta mobil sportcar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement