Selasa 28 Apr 2020 11:35 WIB

Ford Mustang Masih Rajai Pasar Mobil Sport

Ford Mustang terjual hingga 102 ribu unit di seluruh dunia.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Ford Mustang. ILustrasi
Foto: Dok: Ford
Ford Mustang. ILustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MICHIGAN--Selain menyajikan produk mobil kompak, Ford juga jadi salah satu jenama yang konsisten bermain di kelas sportcar. Sejak 1964, Ford menunjukan taringnya lewat produk Ford Mustang.

Dilansir dari Car Advice pada Selasa (28/4), mobil dengan desain yang khas ini pun dinobatkan sebagai mobil sport paling sukses untuk tahun 2019. Hal yang membuat mobil ini pantas dianggap sebagai sportcar paling sukses adalah karena sepanjang 2019 mobil ini mencatat total penjualan di seluruh dunia sebesar 102.090 unit.

Baca Juga

Capaian itu pun sekaligus membuktikan bahwa Ford Mustang merupakan salah satu produk Ford yang paling popular di pasar global. Apalagi, gelar sportcar paling sukses ini telah diboyong oleh Ford Mustang selama lima kali berturut-turut.

Chief Operating Officer Ford Motor Company, Jim Farley pun mengaku sangat bangga atas prestasi dari Ford Mustang. "Kami bangga karena Ford Mustang mampu menunjukan performa penjualan yang stabil. Kini penggemar yang ingin menikmati sensasi berkendara Ford Mustang pun semakin banyak," kata Jim Farley.

Dari sisi pertumbuhan penjualan, ia mengungkap bahwa Ford Mustang mencatat pertumbuhan sebesar 33 persen di Jerman pada 2019. Di Polandia, mobil ini juga mengalami peningkatan penjualan sebesar 50 persen. Sedangkan di Prancis, Ford Mustang mengalami peningkatan penjualan hingga dua kali lipat.

Saat ini, Ford Mustang ditawarkan dalam 13 varian. Salah satu varian yang mampu memicu angka penjualan adalah Ford Mustang R-Spec. Model limited edition ini dinilai berjasa karena berhasil membuat mobil ini menjadi salah satu sportcar yang paling diincar.

Sejak pertama dihadirkan, Ford Mustang saat ini telah disajikan dalam enam generasi. Generasi keenam ini sendiri sebenarnya telah dihadirkan sejak 2013 dan terus mengalami sedikit perubahan hampir setiap tahun. Soal mesin, mobil ini hadir dengan opsi 2,3 liter ecoboost (310 daya kuda) dan 5 liter V8 berkemampuan 460 daya kuda.

Tahun lalu, Ford pun sempat memperkenalkan Ford Mustang Mach-E yang merupakan sebuah mobil listrik SUV. Mobil lima pintu ini didukung motor listrik yang bertenaga hingga 459 daya kuda dan memiliki daya jelajah hingga 480 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement