Selasa 28 Apr 2020 21:23 WIB

TNI Gandeng Perguruan Tinggi Cari Vaksin Covid-19

Penelitian vaksin Covi-19 dilaksanakan di Laboratorium Kesehatan Militer.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ratna Puspita
Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi
Foto: Abdan Syakura
Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen TNI Sisriadi, menyebutkan, pihaknya bekerja sama dengan perguruan tinggi melakukan penelitian dan pengembangan dalam membuat vaksin, serum, atau obat yang bisa menangkal virus Covid-19. Penelitian itu dilaksanakan di Laboratorium Kesehatan Militer.

"TNI kerja sama di bidang penelitian dan pengembangan untuk mencari solusi baik itu vaksin maupun serum atau obat yang bisa menangkal virus. Ini dilakukan di laboratorium kesehatan militer yang bekerja sama dengan perguruan tinggi," kata Sisriadi dalam diskusi daring, Selasa (28/4).

Baca Juga

Sisriadi mengungkapkan, TNI juga telah bekerja sama dengan berbagai yang ada pada dalam Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Kerja sama yang paling utama dilaksanakan dengan Kementerian Kesehatan dari tingkat pusat sampai ke unsur yang baling depan di daerah. 

Selain itu, TNI kini tengah meningkatkan kapasitas 109 fasilitas pelayanan kesehatan yang dimiliki oleh ketiga matra di seluruh daerah. Itu dilakukan agar fasilitas-fasilitas kesehatan tersebut dapat dipergunakan untuk penanganan Covid-19 di daerah.

Selain itu, kata dia, TNI juga melakukan langkah antisipasi kemungkinan adanya rumah sakit khusus di daerah yang memerlukan operator dari TNI. Untuk memenuhi sumber daya manusia, TNI siap mengerhakan tenaga medis dan paramedis yang masih ada di satuan-satuan lapangan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement