Senin 20 Apr 2020 14:37 WIB

China Lokasi Awal Wabah, Musisinya Ada di Konser One World?

Konser One World: Together At Home tak menampilkan banyak musisi asal China.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda
Tangkapan layar konser One World: Together At Home. Musisi asal China sedikit yang terlibat dalam konser tersebut.
Foto: Global Citizen
Tangkapan layar konser One World: Together At Home. Musisi asal China sedikit yang terlibat dalam konser tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sedikitnya penampil asal China yang terlibat dalam konser virtual "One World: Together At Home" mendapat sorotan. Konser lintas platform itu disiarkan pada Ahad (19/4) lalu menyusul pengumpulan donasi guna membantu dunia melawan Covid-19.

Dalam konser yang dihelat oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) itu, siapa saja musisi dari China yang terlibat? Tidak banyak, memang. Tetapi, setidaknya ada penampil yang merupakan warga Hong Kong, Eason Chan dan Jackie Cheung, yang turut serta.

Baca Juga

Pianis terkenal Lang Lang, yang lahir di China daratan dan tinggal di Hong Kong turut tampil mengiringi penyanyi Lady Gaga, Celine Dion, dan Andrea Bocelli. Dilansir laman South China Morning Post, Senin (20/4), kurangnya keterlibatan musisi China dalam konser itu kemungkinan terkait dengan renggangnya hubungan negara itudengan beberapa selebritas yang ikut serta.

Pada 2016, Beijing melarang Lady Gaga tampil di layar televisi China setelah ia bertemu dengan Dalai Lama, pemimpin spiritual Tibet di pengasingan. Selain itu, mantan personel The Beatles,  Paul McCartney, yang bergabung dengan pertunjukan secara virtual itu, baru-baru ini menyerukan penutupan pasar basah China, tempat awal wabah Covid-19 muncul.

Konser amal virtual yang menampilkan banyak bintang, seperti Lady Gaga, Billie Eilish, the Rolling Stones, Jennifer Lopez, John Legend, Elton John, Ellen DeGeneres, Taylor Swift, dan grup pop Korea SuperM itu tidak tersedia di televisi China maupun secara daring.  Akan tetapi, beberapa klip video dibagikan di media sosial, di mana orang-orang memiliki banyak pendapat tentang ketidakhadiran Cina dari acara tersebut.

"China tidak menyiarkan Live Aid pada 1985 lalu dan masih menolak untuk melakukannya meskipun 35 tahun telah berlalu. China tidak pernah bergabung dengan One World," kata seorang warganet di Weibo, platform mirip Twitter di China

"Negara kita tidak hanya melarang siaran langsung, tetapi juga menolak untuk merekomendasikan penyanyi sendiri untuk berpartisipasi dalam acara global," kata pengguna Weibo yang lain.

Sebelum acara dimulai, penampil utama, Lady Gaga, membuat unggahan di Instagram sebagai bentuk penghargaan untuk semua orang yang membantu memerangi Covid-19 di seluruh dunia.

"Saya sangat berterima kasih kepada semua pekerja kesehatan dan pekerja medis, serta semua pekerja toko bahan makanan, dan pekerja pengiriman, dan pekerja pos. Juga semua organisasi nirlaba yang bekerja sangat keras. Saya hanya ingin Anda tahu bahwa ini benar-benar surat cinta sejati untuk kalian semua,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement