Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Kalbe Siap Sediakan Pemeriksaan Covid-19

Kamis 16 Apr 2020 22:04 WIB

Rep: Desy Susilawati / Red: Fuji Pratiwi

Perawat melawan Covid-19 (ilustrasi). PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usaha Laboratorium Klinik KalGen Innolab siap menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 dengan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Perawat melawan Covid-19 (ilustrasi). PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usaha Laboratorium Klinik KalGen Innolab siap menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 dengan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Foto: republika
Kalbe akan terus mendukung pemerintah mengatasi pandemi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak usaha Laboratorium Klinik KalGen Innolab siap menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 dengan metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang merupakan gold standard untuk pemeriksaan Covid-19 dengan mendeteksi RNA virus SARS-COV2, sebagaimana menjadi standard baku Pemerintah Indonesia dan dunia.

Saat ini KalGen Innolab telah memiliki fasilitas dengan Biosafety Level (BSL) 2+, alat pemeriksaan dan sumber daya manusia terlatih sesuai syarat yang ditetapkan Kementerian Kesehatan melalui surat edaran Menteri Kesehatan Nomor HK.02.01/Menkes/234/2020 tentang Pedoman Pemeriksaan uji RT-PCR bagi Laboratorium yang melakukan pemeriksaan Covid-19.

Baca Juga

KalGen Innolab hanya akan menerima sampel rujukan dari rumah sakit dan tidak melayani pasien perorangan secara langsung. Pengambilan sampel dari swab/usapan hidung dan tenggorokan bisa dilakukan di rumah sakit yang menyediakan layanan tersebut.

Direktur PT Kalbe Farma Tbk Sie Djohan menyatakan, Kalbe akan terus mendukung pemerintah mengatasi pandemi Covid-19. "KalGen Innolab menjadi laboratorium swasta pertama yang mampu menyiapkan fasilitas laboratorium dengan Biosafety Level 2+, alat pemeriksaan dan sumber daya manusia yang terlatih untuk melakukan pemeriksaan Covid-19," kata Sie Djohan, Kamis (16/4).

Saat ini kapasitas awal pemeriksaan sejumlah 140 tes per hari atau sekitar 4.000 tes sebulan. Namun, demikian KalGen Innolab sedang dalam proses peningkatkan kapasitas pemeriksaannya menuju ke 8.000 tes per bulan.

Sie Djohan menambahkan, hasil pemeriksaan dengan metode RT PCR ini dapat diketahui hasilnya dalam waktu dua hari kerja setelah sampel diterima dari rumah sakit atau fasilitas kesehatan. Seluruh pemeriksaan Covid-19 ini mengikuti Pedoman Pemeriksaan Uji RT-PCR yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan.

KalGen Innolab sendiri saat ini memiliki layanan laboratorium klinik untuk pemeriksaan patologi klinik, patologi anatomi, biomolekuler, dan mikrobiologi.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA