Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Saturday, 14 Syawwal 1441 / 06 June 2020

Syakir Daulay Beli Lisensi Lagu 'Aisyah Istri Rasulullah'

Selasa 07 Apr 2020 08:21 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Penyanyi Syakir Daulay mengaku telah membeli lisensi lagu

Penyanyi Syakir Daulay mengaku telah membeli lisensi lagu

Foto: Instagram @syakirdaulay
Penyanyi Syakir Daulay mengeklaim membeli lisensi lagu 'Aisyah Istri Rasulullah'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Aktor sekaligus musisi Syakir Daulay sempat memicu kontroversi karena mencantumkan "Official Music Video" untuk video cover lagu "Aisyah Istri Rasulullah" yang dia unggah di akun Youtube miliknya. Rupanya, ia mengeklaim telah membeli hak cipta lagu yang pertama kali dipopulerkan oleh Project Band asal Malaysia tersebut.

Dalam obrolan virtual bersama Anji di akun Youtube Dunia Manji, Syakir menjelaskan bahwa mulanya ia memang hanya menyanyikan ulang lagu tersebut. Begitu video tersebut trending di Youtube Indonesia, Syakir bersama manajemen memutuskan untuk membeli lisensi lagu tersebut dari label Media Asia Production Sdn Bhd (MAP Music).

"Jadi, sebenarnya awal meng-cover hanya untuk happy-happy aja dan pas cover itu izin juga. Terus, ketika itu mulai trending, gue beli lisensinya. Karena takut juga kan gue kenapa-napa,” ujar Syakir seperti dikutip dari konten Youtube Dunia Manji, Senin (6/4).

Baca Juga


Hanya dalam waktu satu pekan, musik video "Aisyah Istri Rasulullah" di akun Youtube Syakir sudah diputar lebih dari 25 juta kali. Hingga hari ini, lagu "Aisyah Istri Rasulullah" versi Syakir masih memuncaki trending Youtube Indonesia.

Syakir mengatakan, memang dia belum mengumumkan ke publik ihwal pembelian lisensi tersebut. Akibatnya, ia mengaku banyak warganet yang menilai Syakir sebagai musisi yang tidak bertanggung jawab.

“Jadi, Bang, jujur tadi pas bangun tidur baru liat video Bang Anji yang kemarin dan akhirnya ada juga beberapa warganet yang agak ngegas gitu ya,” ujar Syakir, mengacu pada konten Youtube Anji yang mempertanyakan mengapa Syakir mencantumkan keterangan "Official Music Video".

Syakir berharap dengan adanya klarifikasi ini kontroversi soal pencantuman "Official Music Video" sudah jelas. Dia pun berharap lagu “Aisyah Istri Rasulullah” bisa menjadi ikhtiar untuk mengenalkan sisi romantis Nabi Muhammad SAW kepada umat Islam.

"Gue mau menunjukkan bahwa Nabi kita itu adalah orang yang romantis lho daripada Barat dan gitu-gitu,” kata Syakir.

Lagu "Aisyah Istri Rasulullah" pertama kali dipopulerkan oleh Projector Band asal Malaysia. Lagu itu awalnya berjudul "Aisyah".

"Aisyah" dirilis pada Mei tahun 2017 lalu di bawah naungan label Media Asia Production Sdn Bhd (Map Music). Sementara itu, pencipta dan penulis lirik lagu "Aisyah" adalah Razif bin Zainuddin dari Projector Band.

Lagu tersebut makin populer setelah dibawakan ulang dan liriknya digubah menjadi versi religi oleh youtuber Malaysia bernama Hasbi Haji Muh Ali alias Mr Bie. Video cover tersebut kemudian ia unggah di akun Youtube miliknya yang bernama Mr Bie pada Agustus 2017. Video cover versi Mr Bie inilah yang kini populer dikenal sebagai lagu "Aisyah Istri Rasulullah".

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA