Jumat 03 Apr 2020 04:10 WIB

Penyakit Kuda Afrika Muncul di Thailand

Ini pertama kalinya wabah kuda Afrika ditemukan di Thailand

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
 Penyakit kuda Afrika muncul di Thailand. ilustrasi.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Penyakit kuda Afrika muncul di Thailand. ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKOK - Setidaknya 131 ekor kuda mati di empat provinsi di Thailand akibat penyakit kuda Afrika (African Horse Sickness/AHS). Menurut data yang ditunjukkan pemerintah, ini pertama kalinya wabah virus menular pada hewan itu muncul di Thailand.

"Kasus penyakit ini baru terjadi di Thailand. Kami belum pernah mengalaminya di masa lalu," kata Direktur Jenderal Departemen Pengembangan Peternakan, Sorawit Thanito, pada Kamis.

Baca Juga

Sorawit menambahkan saat ini pemerintah telah melakukan karantina terhadap kuda-kuda yang sakit untuk mencegah penularan kepada kuda lainnya yang sehat. Sejauh ini tidak ada laporan kasus terjadi pada manusia dan AHS tidak terkait dengan pandemi Covid-19.

"Kami perlu menjalankan penyelidikan tentang bagaimana virus ini bisa masuk ke Thailand," kata Sorawit.

AHS adalah penyakit endemik di wilayah tropis Afrika bagian tengah. AHS biasanya menyebar ke kawasan selatan benua itu dan kadang-kadang ditemukan di kawasan utara. Demikian menurut keterangan Organisasi Dunia untuk Kesehatan Hewan (OIE).

Kuda yang terserang AHS bisa menderita demam di atas 39 derajat celcius, juga kesulitan bernapas dan berdarah pada mata. Pada 27 Maret lalu, OIE menangguhkan status Thailand sebagai Negara Bebas AHS. Sebelumnya, penangguhan yang sama diterapkan terhadap Myanmar dan Kirgistan pada 2018.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement