Senin 30 Mar 2020 19:06 WIB

107 ODP Dikarantina di Rusunawa Painan Selatan

Di Pesisir Selatan ada dua kasus positif covid-19.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Dwi Murdaningsih
Perawat dengan mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) berupa baju Hazmat (Hazardous Material) melayani pasien kedua suspect (terduga penderita) COVID-19.
Foto: Antara/Destyan Sujarwoko
Perawat dengan mengenakan pakaian APD (Alat Pelindung Diri) berupa baju Hazmat (Hazardous Material) melayani pasien kedua suspect (terduga penderita) COVID-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PAINAN- Kabag Humas dan Protokoler Setdakab Pesisir Selatan Rinaldi mengatakan saat ini di Pesisir Selatan (Pessel) terdapat 107 orang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Semua ODP ini menurut Rinaldi akan masuk karantina di Rusunawa yang terletak di Kota Painan bagian selatan.

"Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Pessel sebanyak 107 orang. Warga status orang dalam pantuan (ODP) pada hari ini (Senin) mulai masuk ruang karantina di Rusunawa Painan Selatan," kata Rinaldi, melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Senin (30/3).

Baca Juga

Rinaldi menyampaikan di Pessel terdapat 1.139 orang dengan status notifikasi, 107 ODP, 3 PDP dan 2 orang positif covid-19. Dua pasien positif covid-19 dari Pessel ini diisolasi di RSUP M Djamil Padang. Satu dari dua pasien positif tersebut merupakan tenaga medis yang ikut menangani pasien positif covid-19 yang pertama.

Sementara 3 orang PDP, 2 orang dirawat di RSUP M Djamil dan 1 lagi di Rumah Sakit M Zein Painan. Rinaldi menambahkan untuk kasus positif covid-19 pertama asal Pessel ini sekarang sudah berangsur membaik. Soal kasus positif kedua yang baru terkonfirmasi hari ini Pemkab Pessel melalui gugus tugas mengambil langkah untuk menelusuri orang-orang yang sempat terlibat kontak.

"Mereka yang pernah kontak dengan kasus nomor dua segera akan diisolasi," ucap Rinaldi.

Sebelumnya diberitakan seorang tenaga medis di Kabupaten Pesisir Selatan dipastikan ikut terpapar virus corona atau covid-19. Anggota tim medis Pessel ini menjadi orang yang ke 9 yang terpapar covid-19 di Sumatea Barat. Ia dipastikan positif terjangkit virus corona setelah spesimennya diuji di Laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang hari ini, Senin (30/3).

"Benar. Seorang tim medis di Pesisir Selatan. Ia dinyatakan positif corona setelah sampelnya selesai di uji di lab FK Unand," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal.

Jasman menyebut tenaga medis asal Pessel ini ikut terpapar setelah ikut menangani pasien positif covid-19 pekan lalu. Pasien ke sembilan asal Sumbar ini diketahui berjenis kelamin perempuan. Jasman menyebut saat ini anggota tim medis asal Pessel yang terjangkit corona ini kini diisolasi di Rumah Sakit Umum Pusat M Djamil Padang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement