Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Sunday, 15 Syawwal 1441 / 07 June 2020

Ini Alasan Xavi Hernandez Siap Besut Barcelona

Selasa 31 Mar 2020 02:25 WIB

Red: Endro Yuwanto

Xavi Hernandez

Xavi Hernandez

Foto: EPA/Andreu Dalmau
Xavi kini melatih tim asal Qatar setelah memutuskan pensiun pada Mei 2019.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Legenda Barcelona sekaligus timnas Spanyol, Xavi Hernandez, merasa ia sudah siap untuk kembali dan melatih mantan klubnya. Meski, ia sempat menolaknya karena masih ingin mencari pengalaman.

Barcelona adalah klub yang sangat dikenal pelatih berusia 40 tahun itu sejak bergabung dengan akademi La Masia di usia 11 tahun. Ia menjalani debutnya di tim utama pada 1998, sebelum pindah ke klub Qatar Al Sadd pada 2015.

Xavi kini melatih tim asal Qatar tersebut setelah memutuskan pensiun pada Mei 2019.

"Saya jelas ingin kembali ke Barcelona, saya merasa sangat antusias," ujar Xavi kepada La Vanguardia yang dikutip Marca pada Senin (30/3). "Saya bisa melihat diri sendiri menjadi pelatih, saya juga merasa bisa memberi hal-hal positif kepada para pemain. Namun, saya menjelaskan kepada mereka bahwa saya ingin memulai proyek yang dimulai dari nol."

Pada Januari lalu, manajemen Barcelona menghubungi Xavi untuk menjajaki kemungkinan apakah ia bersedia menggantikan Ernesto Valverde. Namun, Xavi menolak karena merasa waktunya belum tepat.

Xavi sudah memainkan 767 pertandingan di seluruh kompetisi selama membela La Blaugana dan sudah menyumbangkan trofi hingga menyentuh angka 25.

Xavi menginginkan kebebasan andai ia menjabat sebagai pelatih Barcelona demi mengembalikan identitas klub. Musim ini, alumni La Masia kesulitan untuk menembus skuat utama Blaugrana.

Terhitung hanya Lionel Messi, Gerard Pique, Sergio Busquets, Jordi Alba, dan Sergi Roberto yang masuk sebagai pemain reguler. Satu-satunya jebolan baru La Masia yang bersinar musim ini adalah Ansu Fati.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA