Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Buah dan Tanaman yang Disebut Mencegah Virus Corona (3)

Ahad 29 Mar 2020 05:11 WIB

Rep: Deddy Darmawan/ Red: Muhammad Hafil

Buah dan Tanaman yang Disebut Mencegah Virus Corona. Foto: Ilustrasi Penyebaran Virus Corona

Buah dan Tanaman yang Disebut Mencegah Virus Corona. Foto: Ilustrasi Penyebaran Virus Corona

Foto: MgIT03
Sejumlah buah dan tanaman disebut bisa mencegah virus corona.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah bahan-bahan alami yang bisa dikonsumsi langsung masyarakat dinilai bisa menjadi kandidat dalam mencegah penyebaran covid 19 (virus corona) dalam diri seseorang. Hal ini berdasarkan hasil penelitian sejumlah universitas ternama di Indonesia.

Berikut ini adalah buah-buahan dan tumbuh-tumbuhan yang disebut bisa menjadi kandidat pencegah penyebaran virus corona.

Baca Juga

3. Jus jeruk dan kulitnya
 
Hasil riset bersama dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) menyatakan bahwa mengonsumsi jus jeruk dengan kulitnya bisa membantu untuk menangkal virus corona baru (Covid-19). Terdapat senyawa yang terkandung dalam kulit jeruk yang bisa memberikan perlindungan tubuh terhadap mikroba dan virus.

Riset tersebut dilakukan oleh tim dari Fakultas Kedokteran UI, Farmasi UI, Pusat Studi Biofarmaka Tropika (TropBRC) IPB, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat IPB serta Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB. Riset tersebut berupa penelitian bioinformatika untuk menemukan senyawa yang berpotensi untuk melawan Covid-19.

Guru Besr IPB sekaligus Kepala Trop BRC, Prof Irmanida Batubara, mengatakan, senyawa tersebut adalah golongan flavonoid yaitu salah satunya hesperidin. Hesperidin, kata dia, disinyalir bisa memberikan perlindungan terhadap mikroba dan virus.

"Dimanakah kita bisa mendapatkan senyawa ini? Senyawa ini banyak ditemukan di kulit buah jeruk. Jadi selama berdiam di rumah, kita dapat membuat jus jeruk dan jangan lupa untuk ditambah sedikit kulit jeruk yang sudah dicuci bersih," kata Irmanida dalam keterangan pers IPB, Jumat (27/3).

Ia mengatakan, mengkonsumsi kulit jeruk meemang akan terasa sedikit pahit. "Tapi, tahanlah sedikit rasa pahit ini karena ini menunjukkan hesperidin ada di dalamnya," katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, bagi yang kurang sanggup mengonsumsi dengan rasa pahit, bisa membuat infus water dari jeruk beserta kulitnya. Beberapa senyawa dari kulit jeruk akan larut dalam air sehingga juga terkonsumsi. Asalkan, jeruk dicuci hingga bersih terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

"Semua jenis jeruk mengandung hesperidin. Jadi tidak harus jeruk buah, kita juga bisa memanfaatkan kulit jeruk nipis, jeruk lemon dan varietas jeruk lainnya," ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA