Sabtu 28 Mar 2020 18:23 WIB

Satu Pasien Positif Covid-19 Meninggal di Padang

Satgas Percepatan menyebut pasien positif covid-19 yang meninggal bukan petugas medis

Rep: Febrian Fachri/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pengunjung duduk difasilitas rumah sakit yang dipasang garis pemisah oleh Rumah Sakit Semen Padang, Sumatra Barat. Satu pasien positif covid-19 meninggal di Padang
Foto: Antara/Muhammad Arif Pribadi
Pengunjung duduk difasilitas rumah sakit yang dipasang garis pemisah oleh Rumah Sakit Semen Padang, Sumatra Barat. Satu pasien positif covid-19 meninggal di Padang

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Ketua Harian Satuan Gugus (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Padang Barlius mengonfirmasi seorang pasien yang dinyatakan positif mengidap covid-19 atau virus corona meninggal dunia hari ini, Sabtu (28/3). Pasien tersebut baru dinyatakan positif covid-19 sejak kemarin, Jumat (27/3). Pasien sebelumnya merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) di Semen Padang Hospital (SPH).

"Pasien meninggal di SPH. Saat ini masih dalam penyelenggaraan pemulangan jenazah di SPH," kata Barlius.

Baca Juga

Pasien positif covid-19 yang meninggal ini diketahui merupakan warga Kota Padang. Jenis kelamin pasien ini diketahui perempuan. Barlius memastikan pasien meninggal ini bukan petugas medis.

Barlius menambahkan pemulangan jenazah pasien covid-19 ini dilakukan sesuai prosedur. Pasien akan dimasukkan ke dalam peti kedap udara. Semua tahapan penanganan jenazah dilakukan di rumah sakit yaitu untuk shalat jenazah dan mengafani. Setelah itu dibawa ke rumah duka sebelum dimakamkan. Setelah keluar dari RS kata Barlius jenazah tidak boleh lagi dikeluarkan. Pemakan pun akan dilakukan di tempat yang jauh.

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19  Covid-19 Kota Padang kata Barlius akan memantau proses pemakaman bersama pihak rumah sakit. Para petugas yang menyelenggarakan pemakaman akan dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD).

Mengutip dari laman corona.sumbarprov.go.id, total ODP di Sumatera Barat saat iin sebanyak 1.362 orang. Jumlah PDP sebanyak 25 orang. Jumlah positif covid-19 sebanyak 7 orang, hasil negatif 33 orang, sedang menunggu hasil 16 orang dan sudah meninggal 1 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement