Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Friday, 13 Syawwal 1441 / 05 June 2020

Makanan ini Perkuat Sistem Imun di Tengah Virus Corona

Sabtu 28 Mar 2020 16:56 WIB

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Sayur brokoli.

Sayur brokoli.

Foto: Flickr
Brokoli dan ayam bisa perkuat sistem imun khususnya bila disiapkan dengan dikukus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat di berbagai belahan dunia saat ini tengah dilanda kekhawatiran akan penyebaran dan penularan virus Corona. Tak terkecuali di Indonesia, di mana sudah ada lebih dari 1.000 kasus infeksi virus Corona.

Baca Juga

Virus ini menyerang saluran pernapasan dan menimbulkan gejala seperti batuk, pilek, demam, dan pada kasus yang lebih parah adalah pneumonia. Penyebaran virus ini yang begitu cepat membuat orang-orang perlu melakukan tindakan pencegahan.

Selain melindungi diri dengan mencuci tangan secara rutin, pencegahan juga dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun. Karena itu, perlunya memilih makanan yang tepat yang berpotensi meningkatkan sistem imun.

Alangkah baiknya jika melakukan diet Mediterania, yang umumnya dipandang sebagai cara makan paling sehat. Diet ini memprioritaskan jenis makanan seperti sayuran, buah yang sarat vitamin, serat berkualitas baik, protein tanpa lemak, ikan berminyak, kacang-kacangan, telur dan minyak zaitun murni (EVOO).

Namun, praktisi umum yang juga kolumnis kesehatan Dr Clare Bailey, seperti dilansir telegraph, Rabu (18/3), mengemukakan makanan sehat yang perlu dikonsumsi guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dokter yang merupakan bagian dari tim di balik situs makan sehat TheFast800.com ini mengatakan, bahwa brokoli dan bayam adalah makanan terbaik yang bisa kita masukan dalam keranjang belanja kita.

Brokoli dikenal sebagai sayuran yang sarat dengan Vitamin A, C dan E ditambah kaya antioksidan dan serat. Sementara bayam mengandung beta karoten yang tinggi, yang dapat meningkatkan upaya melawan infeksi. Agar khasiatnya maksimal, dianjurkan untuk mengonsumsinya dalam keadaan mentah atau dikukus secukupnya.

Di situs makan sehatnya, Dr Bailey juga menyediakan panduan dan resep yang harus kita makan selama beberapa pekan dan bulan ke depan. Ia menunjukkan bahwa kelebihan berat badan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Selanjutnya, makanan yang dianjurkan ialah biji labu. Ahli gizi Susan Meggitt menyarankan pentingnya memiliki persediaan biji labu untuk camilan.

Menurutnya, biji labu kaya akan kandungan zat besi yang dapat membantu mengurangi keparahan dan umur panjang yang tidak sehat. Nah, itulah makanan sehat yang bisa kita beli sebagai persediaan makanan di rumah, terutama di tengah maraknya wabah virus Corona saat ini.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA