Jumat 20 Mar 2020 12:52 WIB

Aplikasi yang Bisa Dicoba untuk Berkomunikasi Selama WFH

Beragam aplikasi bisa digunakan untuk tetap terhubung satu sama lain saat WFH

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Skype.(droidlife)
Foto: droidlife
Skype.(droidlife)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Setelah diberlakukannya belajar dan bekerja dari rumah (WFH), mungkin membuat seseorang merasa hilang kontak dengan rekan-rekannya. Dengan kemajuan teknologi, beberapa aplikasi bisa digunakan untuk membantu mempertahankan kontak dengan rekan-rekannya, tidak peduli seberapa dekat atau jauh jaraknya.

FaceTime

Baca Juga

Bagi para pengguna produk Apple, mereka bisa menggunakan aplikasi FaceTime untuk melakukan obrolan video. Anda juga dapat menggunakannya untuk melakukan panggilan audio jika berada di tempat yang memiliki koneksi sinyal WiFi atau data telepon yang buruk.

Grup FaceTime bahkan memungkinkan pengguna mengobrol hingga 32 orang sekaligus dan dapat digunakan dengan hampir semua perangkat iOS dengan pemasangan iOS 12.

Google Duo atau Hangouts

Pengguna dapat menggunakan aplikasi Google Duo di ponsel Android, ponsel pintar iOS, tablet atau komputer mereka untuk melakukan obrolan video dengan hingga delapan teman sekaligus.

Aplikasi ini menggunakan nomor telepon dan mengakses daftar kontak telepon untuk memungkinkan mulai membuat grup. Fitur Knock Knock dalam aplikasi ini  memberi kesempatan pratinjau dari orang yang menelepon dengan menyalakan kamera.

Google Hangouts sangat digunakan di dekstop. Ini mendukung obrolan pesan dan grup, serta memiliki kemampuan obrolan suara dan video. Aplikasi ini terkoneksi dengan Google+, Gmail, YouTube dan Google Voice dan aplikasi ini kompatibel di iOS, Android dan online.

Marco Polo

Marco Polo memungkinkan pengguna dapat mengirim pesan video ke individu atau grup yang dapat mereka tonton dan balas dengan santai. Marco Polo menyimpan semua pesan video dan tidak membatasi waktu video, sehingga pengguna dapat mengunjungi kembali percakapan sebelumnya. Pengguna juga bisa menambahkan filter dan efek suara yang menyenangkan.

Skype

Aplikasi ini bisa digunakan di ponsel, PC dan Mac. Pengguna bebas mengirimkan pesan dan melakukan panggilan audio dan video dengan grup hingga 50 orang. Skype bahkan memungkinkan pengguna merekam, menyimpan dan membagikan panggilan video dan menawarkan teks serta subtitle langsung.

Facebook Messenger

Pengguna bisa mengirim pesan instan, foto atau video, stiker, file GIF, emoji dan lainnya,.

Anda juga dapat membuat panggilan video WiFi gratis hampir di mana saja. menggunakan Facebook Messenger  sama seperti menggunakan aplikasi pesan instan lainnya. Cukup klik tombol tulis, pilih individu yang ingin diajak berbicaa dan kemudian mulai mengetik.

Netflix Party

Ini merupakan ekstensi browser Chrome gratis yang bisa diunduh ke perangkat komputer. Setelah selesai melakukannya, pengguna cukup menavigasi Netflix dan memilih film atau acara TV yang ingin ditonton. Untuk mengundang teman bergabung, klik tombol NP merah.

Tautan tersebut akan terkirim ke teman pengguna sehingga mereka dapat bergabung dengan grup. Kemudian, Anda dapat menonton film atau acara TV bersama dan bahkan membicarakannya menggunakan alat obrolan platform.

Watch2gether

Bagi yang tidak memiliki Netflix tetapi masih ingin berinteraksi dengan teman dan menonton video daring, seseorang bisa menggunakan Watch2gether. 

Buka situs website dan buat ruang, kemudian mulailah menonton konten video dari sumber-sumber seperti YouTube, Vimeo, Dailymotion dan SoundCloud. Anda bisa mendaftar secara gratis dan membuat panggilan daring. Dengan begitu, Anda dapat mulai mengundang teman ke grup yang dibuat atau Anda bergabung dengan grup orang lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement