Rabu 18 Mar 2020 06:38 WIB

UEFA: Liga di Eropa Berakhir Paling Lama 30 Juni

UEFA juga menunda Euro 2020 menjadi 2021.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
UEFA(eufa). Liga-liga di Eropa diminta selesai paling lama 30 Juni 2020.
Foto: eufa
UEFA(eufa). Liga-liga di Eropa diminta selesai paling lama 30 Juni 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA) Asosiasi Klub Eropa, Liga Eropa dan FIFPro Eropa telah menandatangani resolusi bersama yang berkomitmen mengakhiri musim paling lambat 30 Juni menyusul penudaan kompetisi liga domestik karena virus corona. Pertemuan para pejabat sepak bola Eropa, Selasa (17/3), juga membuat keputusan bahwa Euro 2020 ditunda hingga Juni dan Juli 2021.

Penundaan Euro 2020 memberikan waktu bagi liga domestik untuk menyelesaikan sisa musim, meskipun format kompetisi belum dipastikan. Seandainya situasi semakin membaik liga harus digelar kembali dengan baik.

Baca Juga

“Kemungkinan batasan atau penurunan slot kalender eksklusif saat ini, berpotensi mengakibatkan penjadwalan pertandingan liga domestik di pertengahan pekan dan penjadwalan pertandingan kompetisi klub UEFA pada akhir pekan,” demikian bunyi komitmen bersama tersebut, dilansir dari Football Italia, Rabu (18/3).

Maka dari itu, tim-tim yang akan berlaga di Liga Champions dan kualifikasi Liga Europa akan diketahui setelah akhir musim 2019/2020 selesai yaitu setelah 30 Juni. UEFA, pihak liga, dan klubm akan segera membentuk kelompok kerja untuk memeriksa segala permasalahan terkait jadwal pertandingan serta menyusun solusi lain yang lebih baik.

“Kelompok kerja kedua yang terdiri dari perwakilan dari UEFA, liga, klub dan pemain akan dibentuk pada tahap selanjutnya untuk menilai dampak ekonomi, keuangan dan peraturan dari wabah Covid-19. Juga mengusulkan langkah-langkah untuk membantu mengurangi konsekuensi dari dampak pandemi,” kata pernyataan bersama tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement