Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Thursday, 9 Sya'ban 1441 / 02 April 2020

Cegah Penyebaran Corona, Gelaran IIMS 2020 Ditunda

Senin 16 Mar 2020 18:40 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Pengunjung melihat motor BMW G 310 GS saat pemeran IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (29/11/2019).(Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO)

Pengunjung melihat motor BMW G 310 GS saat pemeran IIMS Motobike Expo 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat (29/11/2019).(Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO)

Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO
IIMS semula dijadwalkan pada 9 hingga 19 April 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA—Penyebaran corona telah menyebabkan berdampak pada sejumlah kegiatan otomotif di berbagai belahan dunia. Hal ini pun membuag penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2020 mengalami penundaan.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh mengatakan, setelah mencermati terkait penyebaran Covid-19, Dyandra Promosindo akhirnya memutuskan untuk menunda (postponed) pelaksanaan IIMS yang semula dijadwalkan pada 9 hingga 19 April 2020 di JIExpo Kemayoran.

“Penundaan dilakukan hingga situasi dianggap kondusif,” kata Hendra dalam keterangan pers pada Senin (16/3).

Baca Juga

Sebagai tindak lanjut atas perkembangan terbaru, Dyandra Promosindo telah dan terus berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) dan pemegang otoritas dalam penyelenggaraan kegiatan pameran di tengah ancaman pandemik Covid-19 yang semakin memburuk di Indonesia dan global saat ini.

Menurutnya, semua pihak memiliki kepedulian yang sama, yaitu faktor kesehatan dan keselamatan peserta pameran, pengunjung, media, stakeholders lain dan masyarakat luas yang akan berkegiatan selama pameran IIMS yang jumlahnya ratusan ribu orang.

“Ini adalah faktor yang tidak bisa ditawar-tawar. Kepentingan kemanusiaan jauh lebih besar, dan IIMS berkeinginan kuat ikut berperan dan bekerja sama sebagai bangsa, demi pencegahan penyebaran pandemik Covid-19,” ujarnya.

Bersamaan dengan itu, rangkaian IIMS regional di kota Makassar yang dijadwalkan pada 15 hingga 19 April 2020 di Celebes Convention Center (CCC) juga ditunda penyelenggaraannya dengan pertimbangan serupa.

"Semula kami optimis bahwa dampak pandemik Covid-19 akan berlahan-lahan menyurut. Bangsa kita perlu aktivitas bisnis, produk otomotif butuh berjualan, artisan dan komunitas otomotif perlu wadah berkumpul dan unjuk talenta,” kata dia.

Namun, lanjutnya, perkembangan hari demi hari justru ke arah sebaliknya. Pasien terjangkit pandemik Covid-19 semakin bertambah, sekolah kini diliburkan, sejumlah tempat umum dan hiburan ditutup sementara, karyawan juga sudah banyak yang bekerja secara remote.

Di satu sisi, ia pun mengajak seluruh pihak untuk menyebarkan optimisme dan terus berdoa agar dampak pandemik Covid-19 kepada industri otomotif tidak semakin buruk. Mengingat, jutaan orang bergantung nasibnya dari industri otomotif.

“Penundaan ini menjadi langkah terbaik sekaligus terberat yang harus kami lakukan untuk IIMS di Jakarta maupun Makasar. Atas nama PT Dyandra Promosindo, saya menyampaikan permohonan maaf dan apresiasi tinggi kepada Agen Pemegang Merek (APM) roda dua dan roda empat, exhibitors, pihak sponsor, partner, teman-teman media dan stakeholders lainnya yang selalu mendukung penyelenggaraan IIMS,” ucap Hendra.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA