Senin 16 Mar 2020 13:37 WIB

Wakil Rakyat Ini Minta Warga Ikuti Imbauan Kerja di Rumah

Perlu kerja sama dan tolong-menolong agar penularan dari virus ini tidak meningkat.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andi Nur Aminah
Sufmi Dasco Ahmad
Foto: Republika/Flori Sidebang
Sufmi Dasco Ahmad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo telah mengimbau masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, untuk mencegah penyebaran virus Covid-19. Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad meminta warga untuk mengikuti imbauan tersebut.

"Untuk meningkatkan kesadarannya untuk mentaati himbauan dari Pemerintah tersebut, saling mengingatkan, bekerja sama dan tolong-menolong agar penularan dari virus ini tidak meningkat," ujar Dasco kepada wartawan, Senin (16/3).

Baca Juga

Dengan mengikuti imbauan itu, ia berharap penyebaran virus Covid-19 di Indonesia tidak meluas. Sehingga pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan dapat fokus dalam penyembuhan pasien. "Agar penularan dari virus ini tidak meningkat dan penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan baik," ujar Dasco.

DPR juga meminta pemerintah untuk terus berkoordinasi dengan organisasi kesehatan dunia (WHO) terkait penanganan virus Covid-19. Pasalnya, di sejumlah negara sudah menunjukkan adanya penurunan jumlah korban yang terinfeksi.

"Langkah ini perlu dilakukan agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan dengan lebih maksimal. Supaya penyebaran dari virus ini bisa kita stop atau setidak-tidaknya bisa kita hambat," ujar Dasco.

Diketahui, jumlah penderita penyakit saluran pernapasan yang disebabkan COVID-19 di Indonesia menjadi 117 orang. Salah satunya yakni Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. "Hari ini kami mendapatkan 21 kasus baru, tercatat 19 di Jakarta dan dua di Jawa Tengah. Dengan demikian, di Jakarta menjadi 117 (kasus). Sebenarnya ini adalah pengembangan dari tracing kasus sebelumnya, saya tidak akan sampaikan satu per satu," kata Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes sekaligus juru bicara penanganan COVID-19 Achmad Yurianto di lingkungan Istana Presiden Jakarta, Ahad.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement