Jumat 06 Mar 2020 16:30 WIB

Beri Rating Semua Umur, LSF Nilai Onward tak Promosikan LGBT

LSF menilai film Onward cocok untuk semua umur, tak promosikan LGBT.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Cuplikan adegan dalam film animasi Onward. Tampilkan karakter LGBTQ secara terbuka, Onward dapat rating Semua Umur dari LSF. Di Malaysia, dirating P13.
Foto: Dok Disney-Pixar
Cuplikan adegan dalam film animasi Onward. Tampilkan karakter LGBTQ secara terbuka, Onward dapat rating Semua Umur dari LSF. Di Malaysia, dirating P13.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Lembaga Sensor Film (LSF) menegaskan film Onward tidak mengandung konten atau mempromosikan adegan LGBTQ. Karena itu, LSF menilai tak ada masalah dengan penanyakan atau label Semua Umur (SU) yang disematkan pada film besutan Disney-Pixar itu.

"LSF menilai tidak ada adegan atau promosi LGBT dalam film tersebut,” kata Ketua LSF Ahmad Yani Basuki kepada Republika.co.id.

Baca Juga

Onward yang tayang sejak 5 Maret di bioskop Indonesia penuh hal-hal magis. Tak hanya itu, visual dari film tersebut membuatnya cukup menarik disaksikan.

Hanya saja, Onward memperkenalkan Specter, yakni seorang perwira polisi wanita berwujud Cyclops sebagai karakter Lesbian Gay Biseksual Transgender Queer (LGBTQ) pertama yang diakui secara terbuka oleh studio. Petugas bermata satu yang disuarakan oleh aktris Lena Waithe itu muncul di satu adegan, di mana dia dengan santai menyebutkan punya pacar sesama perempuan.

Pemirsa Onward yang disulihsuarakan dalam bahasa Rusia mengatakan bahwa kata "pacar" telah diubah menjadi "mitra" yang lebih netral dan menghindari menyebut gender Specter.

"Agaknya, cabang Disney Rusia berusaha untuk menghindari masalah yang tidak perlu dengan rilis proyek yang diantisipasi," tulis situs web Kinopoisk.

Di negara tetangga Indonesia, lain lagi perlakuannya. Laman Disney Malaysia mengungkap, sinema berdurasi 1 jam 43 menit ini mendapat rating P13. Itu artinya, bimbingan orang tua disarankan untuk penonton cilik di bawah 13 tahun.

Sementara itu, dilansir Lifesitenews, sekitar satu juta ibu memboikot film tersebut karena dituding memaksakan adegan LGBTQ pada anak-anak. Organisasi pro-keluarga dan pro-kesopanan meluncurkan petisi protes terhadap film anak-anak tersebut.

“Saya tidak setuju dengan adegan LGBTQ yang ditampilkan dalam keluarga di film Onward. Saya dan keluarga tidak akan menonton film ini. Disney telah meninggalkan keluarga konservatif dan keluarga Kristen tidak ada pilihan lain, selain menghindari Onward karena bertentangan dengan keyakinan dan nilai-nilai kita,” tulis petisi itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement