Jumat 06 Mar 2020 06:36 WIB

Rusia Ubah Dialog LGBTQ di Film Onward, Indonesia?

Onward jadi film animasi Disney pertama yang tampilkan karakter LGBTQ secara terbuka.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Cuplikan adegan dalam film animasi Onward. Rusia mengganti dialog bermuatan LGBTQ dengan kata yang lebih netral.
Foto: Dok Disney-Pixar
Cuplikan adegan dalam film animasi Onward. Rusia mengganti dialog bermuatan LGBTQ dengan kata yang lebih netral.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Film terbaru Disney dan Pixar, Onward, telah menuai kontroversi. Pasalnya, film animasi tersebut memperkenalkan karakter gay pertama secara terbuka.

Beragam reaksi terjadi di berbagai negara, salah satunya Rusia. Distributor Rusia tampaknya telah menyensor karakter lesbian gay biseksual transgender queer (LGBTQ) secara terbuka dalam Onward. Film ini adalah sebuah petualangan fantasi yang tayang di layar lebar di Rusia mulai 5 Maret. 

Baca Juga

Onward memperkenalkan Specter, yakni seorang perwira polisi wanita berwujud Cyclops sebagai karakter LGBTQ pertama yang diakui secara terbuka oleh studio. Petugas bermata satu itu yang disuarakan oleh aktris Lena Waithe muncul di satu adegan, di mana dia dengan santai menyebutkan punya pacar sesama perempuan.

Pemirsa Onward yang disulihsuarakan dalam bahasa Rusia mengatakan bahwa kata "pacar" telah diubah menjadi "mitra" yang lebih netral dan menghindari menyebut gender Specter.

"Agaknya, cabang Disney Rusia berusaha untuk menghindari masalah yang tidak perlu dengan rilis proyek yang diantisipasi," tulis situs web Kinopoisk.

Sementara itu, di Indonesia, Lembaga Sensor Film (LSF) tetap menggelontorkan dialog tersebut di film Onward. LSF memberinya rating Semua Umur

"LSF menilai tidak ada adegan atau promosi LGBT dalam film tersebut,” kata Ketua LSF Ahmad Yani Basuki ketika dihubungi Republika.co.id.

Di negara tetangga lain lagi perlakuannya. Laman Disney Malaysia mengungkap, sinema berdurasi 1 jam 43 menit ini mendapat rating P13. Itu artinya, bimbingan orang tua disarankan untuk penonton cilik di bawah 13 tahun.

Seorang juru bicara Disney di Rusia menolak mengomentari pertanyaan Kinopoisk. Setidaknya, ini adalah sensor ketiga yang diketahui tentang adegan gay dari film asing di Rusia sejak negara itu mengeluarkan undang-undang [ada 2013 yang melarang “propaganda homoseksual” kepada anak di bawah umur.

Tahun lalu, distributor Rusia memotong adegan intim gay dan ciuman dari film biografi Elton John Rocketman. Demikian pula, versi Rusia dari Avengers: Endgame dari Marvel. Rusia mengubah deskripsi karakter gay tentang kencan menjadi "makan malam" yang kurang romantis.

Adegan non-LGBT juga menghadapi penyensoran sebelum masuk bioskop Rusia. Sergei, penjahat Rusia dalam film animasi 2019 The Secret Life of Pets 2 menjadi orang Prancis bernama Serge dalam versi Rusia film itu.

Film superhero tahun lalu Hellboy menggantikan penyebutan karakter tituler tentang Stalin dengan Hitler. Rusia juga telah membatalkan pemutaran film-film lain, termasuk The Death of Stalin dan Child 44, karena penggambaran mereka atas subjek-subjek sensitif di masa lalu Soviet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement