Jumat 06 Mar 2020 15:33 WIB

Barcelona Vs Real Sociedad, Misi Bangkit di Tengah Guncangan

Sociedad punya catatan buruk di Camp Nou.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko
Sriekr Barcelona Lionel Messi. Foto (ILustrasi)
Foto: Manu Farnandez/AP
Sriekr Barcelona Lionel Messi. Foto (ILustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,  BARCELONA -- Perjuangan Barcelona untuk kembali ke puncak klasemen Liga Spanyol masih terus berlanjut. Usai dikalahkan Real Madrid akhir pekan lalu, Barca turun ke posisi kedua. Sehingga, juara bertahan La Liga Spanyol itu wajib menang saat dikunjungi Real Sociedad, Ahad (8/3) dini hari, jika tak ingin semakin tertinggal dari Los Blancos.

Walaupun, berhadapan dengan klub asal San Sebastian itu juga bukan perkara mudah. Sociedad menempati posisi keenam klasemen liga, dan masih berpeluang besar lolos ke Liga Champions. Apalagi, Sociedad pernah mampu mengalahkan Real Madrid pada babak perempatfinal Copa del Rey, dan kini lolos ke final kompetisi kasta kedua di sepak bola Spanyol tersebut. Total, Sociedad meraih enam kemenangan beruntun di semua kompetisi.

Baca Juga

Namun, dibutuhkannya kemenangan atas Sociedad bukan hanya perkara mendatkan poin bagi skuat asuhan Quique Setien tersebut. Karena tiga hari setelah laga itu Lionel Messi cs akan kedatangan tampil dari Serie A Italia, Napoli, untuk melakoni leg kedua babak 16 besar Liga Champions. Sehingga, kekalahan di Camp Nou oleh tim yang dilatih Imanol Alguacil ini bisa meruntuhkan mental pemain Barca, yang pada leg pertama ditahan imbang 1-1 oleh Napoli.

Tapi

Sebab, mereka selalu kalah dalam 21 kunjungan di liga secara beruntun. Sociedad hanya sangar di kandang, dengan 12 kemenangan dalam 13 laga di liga. Terakhir kali the Basques membawa pulang poin dari Camp Nou adalah pada 1995, saat imbang 1-1 dan tak pernah menang sejak 1991.

Masalahnya, situasi di internal Barca sedang goyang, usai tumbang dalam El Clasico. Sikap asisten Setien, Eder Sarabia, yang marah-marah dalam pertandingan di Santiago Bernabeu bikin pemain Barca berang. Akibatnya, kabar beredar kalau para pemain tim yang sudah lima kali juara Liga Champions itu mulai kehilangan kepercayaan dengan Setien. Karena itu, tuga Setien adalah mengangkat mental pemainnya kembali untuk segera bangkit di tengah guncangan, kalau tidak ingin terus terpuruk.

Bahkan, Setien juga sepertinya sudah gerah dengan situasi Barca yang terlalu 'mendewakan' Messi. Sehingga, Setien minta Barcelona berhenti terlalu bergantung dengan La Pulga. Menurut mantan pelatih Real Betis tersebut, klub tak boleh terus-menerus berhadap pada bintang asal Argentina tersebut, untuk bisa menyelematkan klub. ''Benar bahwa Leo (Messi) sangat penting. (tapi) Kami tak bisa terobsesi dengan berpikir dia satu-satunya pemain. Griezmann dan pemain lain juga punya tanggung jawab,'' ujar Setien, dikutip dari Dailystar, Jumat (6/3).

Menghadapi Sociedad, Barca masih belum bisa diperkuat Luis Suarez dan Oumane Dembele yang cedera cukup panjang. Sergi Roberto juga masih harus menepi karena masalah pada ototnya. Sehingga Setien kemungkinan akan melakukan perubahan sejak bertanding di Santiago Bernabeu, dengan Ansu Fati dan Clement Lenglet masuk ke starting XI. Ivan Rakitic bisa jadi pilihan utama di lini tengah, dimana pemain baru Martin Braithwaite diprediksi masih akan main dari bangku cadangan.

Sementara untuk tim tamu, Asier Illarramendi dan Diego Llorente juga belum bisa dimainkan. Tapi kondisi skuat Sociedad masih lebih baik jelang pertandingan. Mantan penyerang Manchester United, Adnan Januzaj kembali jadi andaln di lini depan. Mantan bek Arsenal, Nacho Monreal, juga akan mengisi posisi bek kiri untuk memperkuat barisan belakang. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement