Pelatih Wales Tetap Bahagia Meski Kalah dari Italia

Red: Muhammad Akbar

Manajer Wales Robert Page membuka tangannya pada pertandingan grup A kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Italia dan Wales, di stadion Olimpiade Roma, Ahad (20/6).
Manajer Wales Robert Page membuka tangannya pada pertandingan grup A kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Italia dan Wales, di stadion Olimpiade Roma, Ahad (20/6). Foto: AP /Alessandra Tarantino
Rasanya seperti menang karena kami finis di posisi kedua

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA -- Pelatih interim tim nasional Wales Rob Page mengaku serasa menang walaupun mereka kalah 0-1 melawan Italia dalam laga pemungkas Grup A Euro 2020 di Olimpico, Roma, Senin (21/6) dini hari WIB.

Hal itu tidak lepas dari kenyataan bahwa hasil tersebut cukup untuk mengantarkan Wales finis sebagai runner-up Grup A dan lolos ke babak 16 besar, menyusul hasil laga lain di Baku, di mana Swiss "cuma" menang 3-1 atas Turki.

Terlebih lagi, Wales mampu mencegah kekalahan lebih telak kendati harus menuntaskan laga dengan 10 pemain menyusul kartu merah Ethan Ampadu pada menit ke-55.

"Rasanya seperti menang karena kami finis di posisi kedua," kata Page selepas laga dilansir laman resmi UEFA.

"Kami tahu ini akan menjadi laga berat dan bakal sering main di area sendiri.

"Bahkan dengan 11 pemain itu sulit dan melakukannya hanya dengan 10 pemain membuatnya jadi bukit yang lebih tinggi untuk didaki.

"Kredit sepenuhnya kepada para pemain, saya tidak bisa memuji mereka lebih dari ini, dan saya sangat bangga terhadap mereka," ujarnya menambahkan.

Wales kecolongan gol yang dicetak Matteo Pessina yang menyontek umpan tendangan bebas Marco Verratti pada menit ke-39.

Dalam upaya bangkit, tim besutan Page kemudian harus kehilangan Ampadu yang menjadi pemain kedua di turnamen ini yang menerima kartu merah setelah gelandang Polandia Grzegorz Krychowiak, dua-duanya dari kantung wasit yang sama yakni Ovidiu Hategan.

"Mereka menuntaskan pekerjaan. Kami tentu ingin memenangi semua pertandingan dan saya harus mengambil keputusan berat sebelum laga," ujar Page.

"Para pemain kami pantas mendapat pujian apapun yang akan datang," tutupnya.

Wales lolos ke babak 16 besar dan akan menghadapi runner-up Grup B, yang masih bisa ditempati keempat tim di grup itu yakni Belgia, Rusia, Finlandia dan Denmark.

Terkait


Stuart Armstrong dari Skotlandia, Luka Modric dari Kroasia dan Lyndon Dykes dari Skotlandia, dari kiri, berebut bola dalam pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Kroasia dan Skotlandia di Stadion Hampden Park di Glasgow,  Rabu (23/6) dini hari WIB.

Kroasia Dampingi Inggris Lolos ke Fase Gugur Piala Eropa

Manajer Inggris Gareth Southgate berjalan keluar dari lapangan sebelum pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia, di stadion Wembley, di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB.

Southgate Pastikan Tim Tiga Singa Lebih Siap di 16 Besar

Ilustrasi LGBT

Wali Kota Muenchen Kritik UEFA karena Tolak 'Stadion LGBT'

Pemain Inggris Harry Kane melepaskan tembakan saat pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Republik Ceko dan Inggris, di stadion Wembley di London,  Rabu (23/6) dini hari WIB.

Menang Tipis atas Ceska, inggris Lolos ke 16 Besar Euro 2020

Pemain Inggris Raheem Sterling mengacungkan jempolnya saat pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Inggris dan Skotlandia di stadion Wembley di London, Sabtu (19/6) dini hari WIB.

Raheem Sterling Siap Atasi Lawan Inggris di Babak 16 Besar

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image