Rabu 30 Nov 2022 03:28 WIB

Van Gaal Senang Belanda Lolos 16 Besar Piala Dunia 2022

Belanda mengakhiri kampanye Grup A sebagai pemimpin klasemen.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih timnas Belanda, Louis Van Gaal.
Foto: AP/Natacha Pisarenko
Pelatih timnas Belanda, Louis Van Gaal.

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Pelatih timnas Belanda Louis van Gaal merasa senang dengan keberhasilan timnya untuk lolos ke putaran 16 besar sebagai juara grup. Van Gaal juga tersenyum melihat kondisi dua penyerang de Oranje.

"Saya pikir semua penggemar akan bangga bahwa kami maju ke babak selanjutnya sebagai juara grup," kata Louis van Gaal menegaskan dikutip laman resmi FIFA, Rabu (30/11/2022).

Baca Juga

Belanda menutup pertandingan terakhir fase grup dengan mengalahkan tuan rumah Qatar dua gol tanpa balas di Stadion Al Bayt, Selasa (29/11/2022) malam WIB kemarin. Kedua gol de Oranje dicetak oleh Cody Gakpo pada menit ke-26 dan Frenkie de Jong menit ke-49.

Di samping performa konsisten Gakpo sebagai mesin gol Belanda dalam tiga partai terakhir. Van Gaal cukup berbesar hati melihat penampilan pun aksi Memphis Depay.

Meski tidak mencatatkan namanya di papan skor. Depay disebut menjadi aktor dalam dua gol Gakpo serta De Jong. Itu yang membuat Van Gaal bahagia.

"Depay, De Roon, dan De Ligt telah berada dalam kondisi bagus. Depay berkontribusi terhadap dua gol kami. Saya berharap kondisinya akan terus meningkat," sambung Van Gaal.

Belanda mengakhiri kampanye Grup A sebagai pemimpin klasemen dengan perolehan angka tujuh dari dua menang dan sekali imbang. Sedangkan posisi kedua diikuti oleh wakil asal Afrika, Senegal, yang di pertandingan lain menang 2-1 atas Ekuador.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement