Rabu 27 Dec 2017 14:45 WIB

Instruktur Yoga Berusia 99 Tahun Beberkan Rahasia Sehat

Rep: Christiyaningsih/ Red: Indira Rezkisari
Tao Porchon-Lynch
Foto: Instagram
Tao Porchon-Lynch

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tetap sehat dan enerjik ketika memasuki usia kepala sembilan kedengarannya adalah hal yang sulit diwujudkan. Namun Tao Porchon-Lynch membuktikan bahwa ia masih segar bugar dan mampu bergerak lincah kendati umurnya sekarang sudah 99 tahun.

Tao Porchon-Lynch berprofesi sebagai instruktur yoga. Beberapa kali dalam sepekan ia mengajar kelas yoga. Mengingat usianya hampir mencapai seabad, bisa jadi ia adalah instruktur yoga tertua yang ada di muka bumi.

Nenek yang lincah ini sudah belajar yoga sejak usianya delapan tahun. Pada 2015 videonya ketika tampil menari tango dalam America's Got Talent menjadi viral dan ditonton jutaan orang di Youtube. Dilansir dari laman South China Morning Post, Tao membeberkan sejumlah kiat agar tubuh tetap sehat di usia tua. Berikut beberapa tipsnya:

Pola makan

Jangan pernah mengambil makanan lebih banyak dari yang dapat anda makan. Anda bisa tambah jika merasa masih lapar. "Aku tidak pernah makan terlalu banyak kecuali makan buah. Aku juga pantang makan daging. Aku cinta binatang. Segala hal yang dibunuh tidak bisa aku makan," jelas Tao.

Bangun tidur

Ketika Anda bangun di pagi hari, jangan penuhi pikiran Anda dengan berbagai macam masalah. "Berpikirlah bahwa hari ini akan menjadi hari terbaik dalam hidup Anda," katanya.

Setelah bangun tidur jangan hanya duduk-duduk. Pergilah keluar dan nikmati pemandangan pagi. Belajarlah mengatur pernapasan karena amat berguna bagi kesehatan tubuh.

Bahagia

Dalam kehidupan sehari-hari jadilah orang yang ceria. "Merasa bahagia menjaga aku tetap hidup. Walau sudah tua tapi semangatku seperti orang berusia 20-an tahun. Aku tidak pernah berniat punya perasaan aku adalah manula," ujar Tao.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement