Jumat 28 Jul 2017 06:13 WIB

Hari Internasional Konservasi Ekosistem Mangrove

Ilustrasi Penanaman Pohon Mangrove
Foto: Foto : MgRol_93
Ilustrasi Penanaman Pohon Mangrove

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Yus Rusila Noor

Tanggal 26 Juli adalah Hari Internasional untuk Konservasi Ekosistem Mangrove (International Day for the Conservation ofthe Mangrove Ecosystem). Hal ini mengacu pada diadopsinya proklamasi oleh KonferensiUmum (General Conference) badan PBBuntuk pendidikan UNESCO pada 6 November 2015.

UNESCO mempertimbangkan mangrove adalah ekosistem unik, spesial, dan rentan. Kehadiran, biomassa, dan produktivitas mangrove sangat penting bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Direktur Jenderal UNESCO, Irina Bokova dalam pengukuhannya menyampaikan ekosistem mangrove sangat penting karena berbagai manfaat dan fungsinya. Kelangsungan hidupnya sangat terancam akibat kenaikan permukaan air laut, serta semakin langka dan terancam punahnya keanekaragaman hayati di dalamnya. Bumi dan kemanusiaan akan sangat merugi jika ekosistem tersebut sampai musnah.

Wetlands International telah bekerja dalam upaya pelestarian ekosistem mangrove lebih dari 30 tahun, termasuk di Indonesia sebagai pemilik ekosistem mangrove terluas di dunia. Banyak hal penting dapat diambil pelajaran dalam kurun waktu tersebut.

Pada dekade pertama, pekerjaan kami lebih ditujukan kepada kegiatan inventarisasi untuk memetakan berbagai lokasi penting wilayah mangrove, termasuk potensi dan kondisinya. Salah satu capaian penting kami adalah memfasilitasi pengukuhan dua taman nasional lahan basah di Sumatra, yang kemudian juga ditunjuk sebagai lokasi Ramsardi Indonesia.

Dekade selanjutnya lebih ditujukan untuk mempertahankan ekosistem mangrove yang masih baik. Pada saat yang sama kami melakukan rehabilitasi dan restorasi terhadap ekosistem mangrove yang telah mengalami kerusakan dengan mengikutsertakan secara aktif masyarakat lokal dan pemerintah daerah setempat.

Lebih dari empat juta bibit, termasuk di lokasi yang terkena dampak tsunami di Flores dan Nangroe Aceh Darussalam, telah kami tanam bersama masyarakat lokal melalui mekanisme program Bio-Rights. Masyarakat lokal diberi dukungan finansial untuk pengembangan ekonomi, sebagai insentif terhadap keterlibatan mereka dalam kegiatan restorasi.

Pendekatan tersebut telah terbukti berjalan efektif karena sebagian besar masih berjalan secara swadaya meskipun keterlibatan kami telah berakhir.

Selama kurun sepuluh tahun terakhir kami menyadari bahwa gaung kegiatan penanaman mangrove sebagai bagian dari kegiatan restorasi sangat membahana. Berbagai inisiatif kegiatan penanaman telah dilaksanakan oleh berbagai pihak.

Pada sisi lain, disadari bahwa banyak dari kegiatan tersebut yang kemudian kurang berhasil mencapai tujuan utama kegiatan restorasi, yaitu mengembalikan fungsi ekologis ekosistem mangrove alami.

Masih banyak tegakan tanaman yang kemudian tidak bertahan hidup dalam jangka panjang, atau pun jika hidup kemudian menjadi kawasan mangrove yang hanya tersusun dari spesies tunggal dan kerapatan yang tidak alami.

Mangrove yang tumbuh secara alami memperlihatkan adanya zonasi daratan kelautan yang sangat jelas dengan pertumbuhan jenis yang berbeda. Kondisi ini akan mengundang berbagai keanekaragaman jenis hayati, termasuk ikan, yang lebih tinggi, serta fungsi perlindungan pantai yang lebih baik.

Restorasi yang baik selayaknya dapat meminimalkan kegagalan serta menghasilkan hutan mangrove yang cukup luas, beragam jenis, berfungsi secara ekologis dan tumbuh secara alami. Dalam pengamatan kami, kegagalan restorasi umumnya disebabkan beberapa hal.

Pertama, penanaman dilakukan di lokasi yang masyarakat setempat tidak mendukung. Dalam kondisi ini, masyarakat akan cenderung menjadikan wilayah restorasi sebagai lokasi pengembangan ekonomi sesaat, seperti pembukaan tambak.

Kedua, penanaman jenis tunggal, sehingga tidak fungsional dan menyediakan manfaatyang minimum.Ketiga, penanaman jenis yang salah di tempat yang salah, tidak memperhatikan pasangsurut, ombak, tingkat erosi maupun kondisi substrat.

Keempat, penanaman di lokasi yang akar permasalahan hilangnya mangrove belum teratasi. Kelima, penanaman di lokasi yang secara alami sedang berlangsung proses regenerasi, sehingga dapat mengganggu proses regenerasi tersebut. Terakhir, penanaman di lokasi yang secara historis tidak pernah diketahui sebagai lokasi tumbuhnya mangrove.

Namun demikian,penanaman dalam hal-hal tertentu sangat dibutuhkan, sepanjang kondisi biofisik dan sosial-ekonomi masyarakat mendukung. Dalam kondisi berikut, penanaman akan dibutuhkan, apabila i) pasokan bibit dan propagul tidak tersedia secara alami karena tidak adanya pohon induk atau karena kondisi keterhubungan hidrologis yang tidak memungkinkan penyebaran bibit, ii) ditujukan untuk mengembalikan spesies penting yang hilang dari kawasan tersebut akibat kerusakan habitat,

iii) untuk kepentingan pendidikan atau budaya, sebagai simbol keterhubungan masyarakat dengan alam sekitarnya, iv) di lokasi yang benar-benar mengalami erosi hebat, dan penanaman di lokasi lahan yang tersisa diyakinkan dapatmenghambat erosi dalam jangka pendek, dan v) tujuan utama penanaman bukan untuk restorasi secara ekologis, tetapi, misalnya, lebih untuk penyediaan kayu atau berbagai produk mangrove lainnya.

Bagaimanapun,semangat dan inisiatif tinggi dari berbagai kalangan untuk melakukan penanaman mangrove tidak perlu dihambat. Yang perlu dilakukan adalah mengarahkan agar energi besar yang dikerahkan kemudian dapat lebih efektif dan bermanfaat secarae kologis.

Yang jelas, penanaman sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan dilokasi yang telah diketahui digunakan oleh hidupan liar untuk kelangsungan hidup mereka, misalnya di hamparan lumpur yang menjadi tempat makan burung-burung air, hamparan rumput laut yang menjadi tempat khusus untuk duyung, atau di wilayah terumbu karang yang memiliki fungsi ekologis penting tersendiri.

(*Penulis adalah Head of Programme Wetlands International Indonesia, lembaga nirlaba internasional (NGO) yang mendedikasikan diripada restorasi dan konservasi lahan basah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement