Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019

Jumat, 22 Zulhijjah 1440 / 23 Agustus 2019

IIMS 2017 Resmi Dibuka

Kamis 27 Apr 2017 14:15 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri

IIMS

IIMS

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, secara resmi dibuka Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (27/4). Dalam kesempatan ini hadir Menteri Perindustrian, Airlangga Hartato, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Presdir PT Dyandra Media International, Lilik Oetama, para duta besar negara, pengurus Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI).

"Acara IIMS akan berlangsung dari 27 April 2017  hingga 7 Mei 2017 di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta. Tahun ini kami tetap mempertahankan tema besar The Essence of Motor Show, yang berbeda pada tahun ini adalah dengan menggunakan sentuhan carnival dengan semangat yang baru," kata Lilik di JIExpo, Kamis (27/4).

Tema besar The Essence of Motor Show dengan sentuhan ‘Carnival’ menjanjikan hadirnya kemeriahan, kegembiraan dan semangat yang berbeda bagi para peserta dan pengunjung yang akan hadir ke JIExpo. Ia mengatakan, dalam dua kali penyelenggaraan IIMS telah sukses mencapai target yang telah ditetapkan, baik dalam hal transaksi, maupun jumlah pengunjungnya.

IIMS pada 2015, dihadiri oleh 359.374 pengunjung.  Setahun kemudian, angka pengunjung ini meningkat 26 persen hingga 454.178 orang. Sedangkan untuk tahun ini, Dyandra menargetkan jumlah pengunjung hingga 450 ribu orang, dan total transaksi sebesar Rp 3,1 triliun.

"IIMS di semester pertama selalu mendongkrak penjualan, apa lagi satu bulan sebelum puasa, pangsa pasarnya menggeliat. IIMS diikuti oleh 21 merek mobil, 11 merek motor," ujar Lilik.

Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) yang ikut serta diantaranya, PT KIA Mobil Indonesia (KIA), PT Suzuki Indomobil Sales (Suzuki), PT General Motors Indonesia (Chevrolet), PT Krama Yudha Tiga Berlian (Mitsubishi), PT Mercedes-Benz Indonesia (Mercedes-Benz), PT Hyundai Mobil Indonesia (Hyundai), PT BMW Indonesia (BMW), PT Garuda Mataram Motor (VW dan Audi), PT Toyota Astra Motor (Toyota), PT Honda Prospect Motor (Honda), PT Tata Motor Indonesia (Tata), PT Maxindo Moto (BMW Motorrad), PT Astra Honda Motor (Honda), PT Kawasaki Motor Indonesia (Kawasaki) dan PT Smart Motor Indonesia (Kymco).

Di samping itu, Jusuf Kalla mengatakan, ini menjadi kesempatannya untuk yang ketiga kalinya membukan pameran otomotif IIMS. Ia mengaku bersedia membuka pameran karena, ajang ini turut memberikan kemajuan ekonomi dalam penjualan kendaraan.

Peningkatan transaksi penjualan yang terjadi dalam penyelenggaraan sebelumnya, menurut Jusuf Kalla, hal tersebut sebagai pertanda bahwa ekonomi Indonesia memiliki pertumbuhan yang baik. Meskipun, memang berdampak pada kemacetan lalu lintas, namun demikian pemerintah kini tengah berusaha untuk terus membangun infrastruktur yang ada.

"Sekarang masyakat ingin produk yang high quality, low cost, low energy, dan low emisi. Memang ini adalah sebuah tantangan, kita juga harus memiliki research teknologi yang kita kuasai. Kita harus mengejar teknologi untuk lingkungan yang lebih baik," ungkap Jusuf Kalla.

Jusuf Kalla berharap, Indonesia bukan hanya sebagai pasar bagi industri otomotif. Namun, juga bisa memiliki penelitian dan pengembangan teknologi, serta dapat mengekspor sejumlah kendaraannya ke beberapa negara. Sehingga, nantinya dapat bersaing dengan Thailand sebagai pengekspor kendaraan bermotor.

Dari industri komponen otomotif, terdapat Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (Pahami), yang membuat Pahami Village, dengan menempati lebih dari setengah Hall C3 JlExpo Kemayoran, untuk mengakomodir para anggotanya. Di Pahami Village, nantinya para pengunjung IIMS 2017 akan disuguhkan suasana yang nyaman untuk mencari aksesoris kendaraan bermotor.

Untuk menunjang kebutuhan para pengunjung IIMS dalam mencari kendaraan bermotor, penyelenggara juga menyediakan lokasi untuk melakukan test drive, dan test ride dari kendaraan yang dipamerkan di IIMS 2017. Acara ini akan diadakan di lahan yang lebih luas dibandingkan tahun lalu. Bahkan khusus untuk test ride sepeda motor dengan CC besar, pihak penyelenggara akan menyediakan safety gear, seperti helm, sarung tangan dan lain-lain, untuk digunakan saat melakukan pengujian.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA