Kamis 23 Jun 2016 03:54 WIB

Radja Nainggolan Pastikan Belgia Runner-Up Grup E

Radja Nainggolan (kanan) saat menjebol gawang Belgia.
Foto: REUTERS/Yves Herman
Radja Nainggolan (kanan) saat menjebol gawang Belgia.

REPUBLIKA.CO.ID, NICE -- Radja Nainggolan menjadi pahlawan Belgia dalam laga terakhir Grup E kontra Swedia. Gol tendangan jarak jauh pemain berdarah Batak ini mengantarkan Belgia menang 1-0 di Stade de Nice, Kamis (23/6) dini hari WIB. 

Hasil ini membuat Belgia memastikan sebagai runner-up Grup E. Meskipun sama-sama mengoleksi nilai enam dari tiga laga, Belgia kalah head to head dari Italia. Belgia akan menghadapi Hungaria pada babak 16 besar.

Belgia yang menurunkan Radja Nainggolan sebagai pusat kekuatan di lini tengah lebih menguasai jalannya laga babak pertama. Umpan kombinasi lewat Eden Hazard dan Kevin De Bruyne beberapa kali merepotkan lini belakang Swedia. 

Serangan Belgia nyaris membahayakan gawang Swedia saat laga baru berjalan empat menit.

Pasukan Marc Wilmots kembali mengancam lewat tusukan De Bruyne kemudian melepaskan umpan kepada Lukaku pada menit ketujuh, sayang upaya itu tidak berbuah gol.

Tendangan Hazard dari luar kotak penalti pada menit 10 juga tidak mampu menembus gawang Swedia yang dikawal Andreas Issakson.

Swedia sesekali mencuri serangan melalui upaya Marcus Berg yang menyodorkan bola kepada kapten Zlatan Ibrahimovic, namun sepakan bekas pemain PSG itu gagal menjebol gawang Belgia pada menit ke-26.

Belgia kembali berpeluang kali ini ketika De Bruyne melambungkan bola melalui tendangan penjuru kepada Meunier yang lagi-lagi tidak menghasilkan keunggulan karena arah bola melenceng. 

Belgia masih mendominasi pada paruh kedua. Menit ke-66 De Bruyne melepaskan tendangan jarak jauh yang masih bisa ditepis kiper Isaksson. Menit ke-73, operan terukur De Bruyne membuat Lukaku terlepas, tapi percobaannya masih bisa diadang Isaksson. 

Hanya berselang detik, Lukaku menjebol gawang Swedia, tapi dianulir karena ia dalam posisi offside sat menerima operan jauh dari lini pertahanan Belgia.

Swedia berusaha membalas lewat Zlatan, salah satunya melalui tendangan bebas pada menit ke-75 yang masih bisa ditepis Thibaut Courtois.

Radja akhirnya memecah kebuntuan lewat sepakan spektakulernya dari luar kotak penalti. Menerima umpan Eden Hazard di sisi kanan, Radja menendang bola dengan keras ke tiang jauh yang tak bisa dicegah Isaksson.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement