Senin 11 Jan 2016 15:00 WIB

Menikmati Olahraga dengan Teknologi

Red:

Belum lama pascamenghadirkan teknologi realsense, kini Intel kembali pamer kekuatan. Dalam ajang Consumer Electronis Show (CES) 2016 di Las Vegas, Nevada, baru-baru ini, Intel memboyong berbagai kecanggihan dalam dunia komputasi.

Kekuatan teknologi Intel tersebut terwujud secara kolaboratif dengan beberapa perusahaan. Uniknya, berbagai perusahaan ini datang dari beberapa bidang berbeda.

Bagi Intel, kolaborasi dari berbagai industri merupakan hal yang tak lagi bisa dihindari. "Kolaborasi ini diciptakan untuk membentuk masa depan," ujar Chief Executive Officer (CEO) Intel Brian Krzanich.

Menurutnya, kolaborasi dengan beberapa perusahaan di-genre berbeda akan menghasilkan dunia pintar yang terkoneksi, teknologi berbentuk indra manusia, dan komputasi yang bersifat sangat pribadi.

Salah satu kolaborasi Intel yang banyak dihadirkan di CES 2016 adalah di bidang olahraga. Ada banyak pihak yang digandeng Intel untuk mewujudkan digitalisasi di bidang olahraga. Mulai dari ESPN, Red Bull Media House, hingga New Balance.

Bersama ESPN, Intel mengeluarkan Modul Intel Curie, yakni sistem kecil bertenaga rendah. Modul ini akan menjadi sumber data pada ajang X Games Aspen 2016 mendatang. Sistem Modul Intel Curie tersebut akan terintegrasi ke dalam kompetisi Men's Snowboard Slopestyle dan Men's Snowboard Big Air guna menyediakan data real time kinerja atlet ketika atlet melakukan air rotations, jump height or distance, speed, hingga force on landing.

Akses data akan memberikan metrik tambahan ketika melakukan analisis on-air sehingga penonton mendapat pengalaman menonton lebih detail. Selain itu, Intel juga bekerja sama dengan Replay Technologies dalam menghadirkan tayangan yang benar-benar nyata kepada penonton.

Para penggemar olahraga dapat menyaksikan pertandingan di stadion atau di rumah dengan teknologi Replay FreeD. Platform ini memungkinkan penonton menyaksikan momen-momen penting dari berbagai sudut.

Selain itu, para penonton juga dapat menonton kembali berbagai momen penting dari acara olahraga. FreeD memanfaatkan prosesor Intel Core Generasi keenam dan teknologi serverIntel yang telah dioptimalkan untuk menghadirkan pengalaman hiburan mengasyikkan.

  

Selain memperkaya pengalaman menyaksikan tayangan olahraga, Intel menggandeng New Balance dan Oakley untuk produk olahraga berkekuatan teknologi. Bersama New Balance, Intel mengembangkan wearable yang memudahkan atlet lari memperbaiki kinerja atletisnya.

Kepala grup perangkat baru Intel Steve Holmes mengatakan, wearable yang digarap bersama Intel ini hadir dengan teknologi Intel, yang dipadukan dengan rancangan dari New Balance. Perusahaan pakaian olahraga itu juga akan membawa keahliannya untuk meracik algoritma pelacak aktivitas.

Hadir dalam bentuk smartwatch, perangkat ini bertujuan mengembangkan teknologi analitik wearable untuk atlet. Rencananya, jam pintar hasil kolaborasi Intel dengan New Balance ini akan tersedia pada musim liburan tahun ini.

Di atas panggung CES, Krzanich sempat naik ke panggung mengenakan sepatu New Balance yang memiliki memakai midsole dengan cetak 3D. Sepatu yang dibuat khusus sesuai dengan kaki CEO tersebut menggunakan gambar yang ditembak dengan Intel RealSense Camera.

Dengan begitu, sepatu ini mampu secara sempurna menyesuaikan gaya berjalan pemakainya. Kehadiran sepatu dengan teknologi cetakan ini juga diharapkan mampu meningkatkan pula kenyamanan bagi para atlet ketika berlatih atau bertanding.

Sementara, bersama Oakley, teknologi Radar Pace ditunjukkan Intel untuk pertama kalinya di hadapan dunia. Kacamata pintar Oakley tersebut menggunakan teknologi voice-activated, yakni sistem pelatihan secara real time.

Kacamata ini akan memberikan umpan balik dan analisis secara langsung dalam membantu penggunanya meningkatkan kinerja. Kacamata pintar ini memang ditujukan bagi para penggemar olahraga lari atau pengendara sepeda.

Meski termasuk dalam kategori sport glasses, Oakley tetap membuatnya dengan material premium dan desain nan mewah. Para pencinta olahraga pun bisa mendapatkan umpan balik dan analisis secara langsung, sekaligus membantu melacak kemajuan peningkatan kinerja secara real-time. N ed: setyanavidita livikacansera

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement