Selasa 11 Nov 2014 20:58 WIB

15 Makanan Otak Terbaik untuk Anak (2)

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Yogurt, camilan sehat dan menyegarkan (ilustrasi)
Yogurt, camilan sehat dan menyegarkan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak sangat membutuhkan makanan tepat diusia pertumbuhan mereka. Secara keseluruhan, mereka memerlukan makanan yang merangsang pertumbuhan anak. Makanan yang dikonsumsi anak memengaruhi kemampuan belajar mereka dan meningkatkan kemampuan mereka untuk berkonsentrasi.

Studi menemukan bahwa makanan yang mengandung nutrisi penting dan vitamin akan meningkatkan kekuatan otak. Berikut beberapa makanan super, lezat, dan sehat yang memberikan energi pada otak anak untuk belajar. Semua makanan ini akan menjamin kerja otak, bahkan dalam tahun-tahun mendatang, dilansir dari My Health Tips, Selasa (11/11).

4. Yoghurt

Yoghurt merupakan sumber protein, lemak, dan vitamin B. Lemak di dalam yoghurt sangat diperlukan untuk kesehatan otak. Lemak ini membuat membran sel otak lebih fleksibel dan membantu mengirim serta menerima informasi lebih cepat.

Caranya? Anda bisa menggunakan yoghurt sebagai makanan penutup anak. Anda juga bisa memasukkan yoghurt ke kotak makan siang anak bersama dengan campuran yang mereka suka. Terakhir, Anda bisa menjadikan yoghurt dengan hiasan buah di atasnya untuk menu sarapan.

5. Ikan

Ikan merupakan makanan otak yang sangat baik karena mengandung omega-3s dan vitamin D. Ikan melindungi kemampuan kognitif dan mencegah hilangnya memori.  Ikan seperti salmon, sarden, mackerel, dan tuna adalah sumber omega-3 terbesar. Anak-anak bisa menjadi lebih fokus jika otak mereka menerima asupan yang baik.

Caranya? Lebih baik menghindari ikan goreng karena ini akan menghapus nutrisi di dalamnya. Anda bisa menyajikan dalam bentuk ikan panggang. Anda juga bisa menggunakan kan yang sudah dimasak di dalam salad atau sandwich. Jika anak Anda susah makan ikan, cobalah suplemen minyak ikan.

6. Kacang mentega

Kacang mentega mengandung lemak baik yang diperlukan untuk pertumbuhan secara keseluruhan dan perkembangan otak anak. Mentega alami tanpa lemak trans, seperti selain kacang, mete, dan alomond.

Caranya? Anda bisa menggunakan kacang mentega untuk teman roti gandum. Sandwich apel dan almond yang dilumur mentega akan menjadi pilihan kudapan terbaik untuk anak.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement