Jumat 03 Oct 2014 16:00 WIB

UKM Pengembang Tepung Mocaf Raih Penghargaan

Red:

BANJARNEGARA -- Sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, mulai beralih menggunakan tepung mocaf sebagai bahan dasar pembuatan keripik tempe. Umumnya, bahan baku pembuatan keripik tempe adalah tepung terigu yang dicampur dengan tepung beras.

Bahkan, terobosan penggunaan tepung mocaf dalam membuat keripik tempe telah mengantarkan UKM Suka Nicky di Desa Gemiwang, Kecamatan Bawang, Banjarnegara, meraih penghargaan untuk kategori makanan ringan dalam Pameran Pangan Nusa (PPN) dan Pameran Produk Dalam Negeri (PPDN) Nasional 2014.

Pameran yang diselenggarakan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tersebut diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia dan dilangsungkan selama tiga hari dari 26 sampai 29 September 2014, di Monas, Jakarta.  "'Kripik tempe dengan menggunakan bahan baku tepung mocaf ternyata mendapat penghargaan utama dari pemerintah," kata pemilik UKM Suka Nicky, Sukini, Rabu (1/10).

Dia berharap, penghargaan yang diperoleh unit usahanya juga akan membuat Pemkab Banjarnegara lebih menaruh perhatian pada upaya pengembangan UKM di Kecamatan Bawang. Pemkab melalui dinas-dinas terkait, kata Sukini, bisa melakukan pemetaan dan prioritas kebijakan dalam hal pengembangan UKM. Dengan adanya pemetaan, Pemkab Banjarnegara bisa memberikan prioritas terhadap UKM mana saja yang diperkirakan akan mampu berkembang.

"Pada dasarnya, UKM yang berkembang dengan baik akan mampu menyerap tenaga kerja yang ada di sekitarnya. Hal ini sama saja dengan membantu pemerintah mengurangi pengangguran," katanya.

Sukini menceritakan, saat membuka usaha keripik tempe beberapa tahun silam, dia masih masih menggunakan bahan baku tepung terigu yang dicampur dengan tepung beras. Bahan baku ini lazim digunakan para pengusaha keripik tempe yang ada di berbagai daerah di wilayah eks Karesidenan Banyumas.

Namun, sejak 2014, dia mencoba melakukan inovasi produk dengan mengganti bahan baku campuran tepung terigu dan tepung beras dengan bahan baku tepung mocaf. "Hasilnya, keripik tempe yang digoreng ternyata menjadi lebih enak dan kering," jelasnya.

Mendapat hasil seperti itu, maka Sukini memutuskan menggunakan tepung mocaf untuk semua keripik tempe buatannya. Tepung mocaf adalah tepung olahan fermentasi yang berbahan dasar tepung singkong. Melalui fermentasi, hilanglah rasa singkong pada setiap makanan yang terbuat dari tepung mocaf. "Kita juga memilih tepung mocaf sebagai bahan baku tepung keripik tempe karena bahan baku singkong banyak ditemukan di sekitar kita. Tidak seperti tepung terigu yang harus impor dari luar negeri," kata Sukini. rep:eko widiyanto ed: eh ismail

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement