Ahad 09 Mar 2014 10:43 WIB

Pasar Motor Klasik Semakin Menarik

Yamaha SR400 sudah mengaplikasikan sistem injeksi
Yamaha SR400 sudah mengaplikasikan sistem injeksi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada era krisis moneter, pasar motor di Indonesia mengalami perkembangan. Saat itu yang menjadi primadona adalah motor bebek. Semua pabrikan motor berlomba mengeluarkan produk motor bebek yang murah agar terjangkau oleh masyarakat. Tak lama kemudian kelas motor matik juga ikut merajai penjualan motor di Indonesia.

Bukan hanya motor berkapasitas mesin kecil yang berkembang. Populasi sepeda motor tipe sport pun mengalami peningkatan. Di kelas ini masing-masing pabrikan punya jagoannya, mulai dari dari mesin berkapasitas 150 cc seperti Honda CB150R dan Yamaha V-Ixion, di kelas 250 cc ada Kawasaki Ninja 250, Honda CBR250R dan Suzuki Inazuma. Bahkan motor gede di atas 250cc juga mulai bermunculan. Belum lama ini Kawasaki berani merilis Kawasaki Z1000 untuk pasar Indonesia.

Selain sport bike, belakangan muncul pula sepeda motor bergaya retro dan vintage. Memang, untuk yang satu ini masih barang langka di Indonesia. Tampang motor retro yang seliweran di tanah air kebanyakan hasil modifikasi, sementara di Amerika dan Eropa motor baru bertampang 'jadoel' sudah ramai di jalanan.

Salah satunya adalah Yamaha SR400, yang belum lama dilaunching di Amerika. Yamaha SR400 ini memiliki tampilan full klasik tapi dengan dibekali mesin teknologi masa kini yaitu sistem injeksi berkapasitas 250 cc. Di Indonesia motor klasik orsinil dari pabrikan yang seliweran di jalanan terbilang langka bisa dilihat.

Tapi bukan berarti penggila motor di Indonesia tidak mengenal tampang vintage. Hanya saja motor jenis itu masih didatangkan oleh importir umum. Motor sport keluaran terbaru bertampang klasik ada di Indonesia mulai dari Royal Enfield, Motoguzzi, BSA, Norton dan merek-merek motor Eropa lainnya. Bahkan Yamaha SR400 atau Kawasaki Estrella pun importir di Indonesia sudah ada yang menjualnya.

Pabrikan yang sangat terkenal di Indonesia seperti Yamaha dan Kawasaki sebenarnya punya peluang cukup besar di kelas ini. Apalagi konsep modifikasi motor bergaya retro seperti Japs Style tengah digandrungi. Untuk pasar Indonesia, Yamaha mungkin bisa membopong Yamaha SR400, sementara Kawasaki lewat Estrella 250.

Kira-kira, siapa yang lebih dulu mengeluarkan motor sport retro di tanah air di tahun 2014. Yamaha atau Kawasaki?  Kita tunggu saja.

sumber : Ismet Humaidi/www.sportku.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement