Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Kopi Untuk Ujung Rambut Hingga Kaki

Ahad 23 Feb 2014 16:29 WIB

Red: Indira Rezkisari

Tumbuk dulu biji kopi menjadi bubuk sebelum memanfaatkan untuk perawatan.

Tumbuk dulu biji kopi menjadi bubuk sebelum memanfaatkan untuk perawatan.

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, Kopi bak pembangun jiwa di pagi hari. Hawa pagi pun belum tanpa aroma kopi yang menggelitik hidung. Aroma kopi memang menggugah. Tetapi, tak semua orang bisa meminumnya. Alasan penyakit maag, hingga kekhawatiran akan kopi yang menyebabkan dehidrasi membuat secangkir kopi tidak bisa ditenggak.

Menikmati kopi tapi tak selalu harus dengan meminumnya. Kecantikan perempuan bisa diperoleh dengan bantuan kopi.

Ingin rambut lebih lembut dan mengkilap? Coba balurkan segenggam kopi bubuk ke rambut yang sudah basah. Lakukan ini sebelum membasahi rambut dengan sampo.

Bubuk kopi yang tidak terlalu halus bagus bagi rambut. Butiran kasarnya akan menghilangkan produk perawatan rambut yang sebelum menempel. Meninggalkan rambut berkilau dan halus. Tapi jangan gunakan cara ini jika rambut telah mengalami proses bleach, karena bisa menggelapkan rambut.

Kopi bisa dimanfaatkan pula untuk menghilangkan selulit. Buat ramuan scrub antiselulit dengan mencampur bubuk kopi dengan parutan jahe, air, dan garam laut yang kasar. Kafein dalam kopi membantu memperbaiki sirkulasi, yang nantinya membantu menghilangkan air dari dalam kulit dan membuat kulit tampak lebih kencang.

Untuk scrub tubuh, cukup campurkan kopi dengan minyak zaitun. Gosok ke seluruh tubuh untuk membuang sel kulit mati dan memberi perasaan segar di badan.

Kopi juga bisa diracik menjadi masker bagi wajah. Cukup campurkan kopi bubuk, bubuk cokelat, susu atau yogurt, dan madu. Pijat masker ini di wajah pada pagi hari. Setelah itu biarkan mengering selama 15 hingga 20 menit baru bersihkan menyeluruh.

Masker kopi membantu mengencangkan pori dan membuang minyak wajah. Butiran kasar kopi membantu mengurangi wajah yang sedang agak bengkak, sedang cokelat, madu, dan susu memberi kelembaban ekstra di kulit wajah.

Wah, siapa sangka minuman favorit bisa juga memberi manfaat yang banyak bagi kecantikan, ya?

 

sumber : organic authority
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA