Kamis 30 Jan 2014 06:37 WIB

Bridgestone Indonesia Luncurkan Ban Khusus MPV

Bridgestone Ecopia MPV-1
Foto: Bridgestone Indonesia
Bridgestone Ecopia MPV-1

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) meluncurkan produk terbarunya, Ecopia MPV-1. Ban ini khusus didisain untuk multi purpose vehicle (MPV) yang merupakan pangsa pasar mobil terbesar di Indonesia.

"Ini ban yang memberikan nilai tambah besar bagi para konsumen. Hemat bahan bakar karena lebih sedikit biaya yang dikeluarkan untuk membeli bahan bakar. Serta ramah lingkungan karena hambatan gulir yang rendah sehingga mengurangi emisi gas buang CO2," ujar Direktur Pemasaran dan Penjualan BSIN, Tomoya Sano dalam keterangan resminya.

Menurutnya, Bridgestone telah menyiapkan produk tersebut selama beberapa tahun terakhir. Ini dilakukan dengan riset dan pengembangan mendalam pada bahan dasar. Serta produksi ban yang dihasilkan dari uji teknis lapangan dan tren perkembangan MPV di Indonesia. 

Ia menjelaskan, Ecopia MPV-1 dibuat untuk mengatasi tiga masalah umum utama pada kendaraan MPV. Pertama, secara umum MPV memiliki ground clearance (bodi yang lebih tingi) dibandingkan mobil sedan. Sehingga, kurang stabil serta gampang kehilangan traksi pada saat menikung, pindah jalur atau bahkan pada kondisi jalanan yang bergelombang.

Kedua, ban sering habis tidak merata karena beban mobil yang lebih berat serta tidak stabil. Ini lantaran posisi yang lebih tinggi dari titik tengah berat kendaraan.

Ketiga, konsumsi bahan bakar MPV juga lebih boros karena membawa penumpang yang lebih banyak pada saat bepergian jarak jauh. "Fitur pada Ecopia MPV-1 menerapkan pola asitmetris pada bannya untuk mengatasi masalah tersebut dengan dua sisi pola yang berbeda," tambahnya.

Ban ini juga diklaim memiliki desain dan konstruksi yang dapat mengurangi hambatan gulir. Sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar tanpa mempengaruhi performa dan keselamatan. Seperti pengendalian kendaraan saat kondisi kering dan basah, stabilitas, pengereman yang responsif, serta tingkat kebisingan ban.

Bridgestone mampu mencapai kondisi tersebut melalui pengembangan materi khusus Ecopia yang menurunkan koefisien hambatan gulir. Yaitu dengan mengurangi hilangnya energi pada puncak kompon selama bergulirnya ban. 

Kemudian, dikombinasikan dengan desain tapak ban yang menghubungkan blok dan rib yang tipis. Sehingga meningkatkan kinerja tekanan kontak ban dengan jalan serta pengereman saat kondisi basah.

"Ban Ecopia MPV-1 tersedia di seluruh toko ban dengan kisaran harga dari Rp 781 ribu hingga Rp 1,009 juta. Tersedia dalam tiga ukuran umum mobil MPV, yaitu 185/70 R14, 185/65 R15 dan 205/65 R15," ujar dia.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement