Rabu 15 Sep 2021 14:36 WIB

Kiat Membidik Potensi Bisnis Fasilitas SPKLU di Eropa

20 persen penjualan mobil baru di Eropa 2025 diharapkan beralih ke mobil listrik

Untuk pengembangan fasilitas SPKLU tersebut Bridgestone menggandeng EVBOx melalui kemitraan selama 5 tahun ke depan.
Foto: bridgestone
Untuk pengembangan fasilitas SPKLU tersebut Bridgestone menggandeng EVBOx melalui kemitraan selama 5 tahun ke depan.

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS--Masalah pengembangan infrastruktur kendaraan listrik seperti stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU), kini giat dilakukan sejumlah pihak. Hal itu sebagai bentuk dukungan bagi peningkatan layanan kendaraan listrik konsumen. 

Di daratan Eropa setidaknya dibangun 3.500 stasiun pengisian daya listrik baru di seluruh jaringan retail milik Bridgestone, termasuk beberapa jaringan retail terkenal seperti Speedy dan First Stop.

Bridgestone melihat kendaran listrik sebagai peluang besar untuk mengurangi emisi CO2 dan membuat kendaraan lebih ramah lingkungan, terutama dengan 20 persen penjualan mobil baru di Eropa pada 2025 diharapkan beralih kepada mobil listrik. Untuk pengembangan fasilitas SPKLU tersebut Bridgestone menggandeng EVBOx melalui kemitraan selama 5 tahun ke depan. Ini merupakan dukungan terbaru Bridgestone bagi kendaraan listrik  sebagai bagian dari komitmen perusahaan terhadap masa depan mobilitas. Proyek ini akan mulai dibangun di Perancis dan Itali, lalu untuk selanjutnya dikembangkan menuju wilayah Inggris, Jerman, Polandia, Spanyol dan negara-negara lain di Eropa.

"Kami berkomitmen membantu mendorong masa depan listrik menjadi kenyataan, bermitra dengan produsen kendaraan listrik terkemuka untuk mengembangkan ban premium dan teknologi berkelanjutan yang memenuhi persyaratan spesifik mobil ini," kata Christophe de Valroger, VP Retail Operations Bridgestone Eropa dalam keterangan tertulisnya Rabu (15/9).

Termasuk dalam upaya tersebut adalah membangun jaringan ritel dan layanan bagi kendaraan listrik. Melalui kemitraan ini, pihaknya akan mendukung perluasan infrastruktur pengisian daya listrik di Eropa yang sangat dibutuhkan, dan memberikan kenyamanan serta efisiensi bagi mereka para pengemudi kendaraan listrik dan operator armada fleet listrik. "EVBox telah memimpin penciptaan industri pengisian daya kendaraan listrik sejak 2010 dan merupakan mitra yang tepat bagi kami,"katanya.

Berkat kemitraan antara Bridgestone dan EVBox, pengemudi kendaraan listrik akan mendapatkan akses ke salah satu jaringan pengisian daya terbesar di Eropa, yang terdiri dari pengisian daya publik dengan lebih dari 130.000 buah stasiun serta 3.500 stasiun pengisian daya baru melalui satu solusi tunggal kartu khusus atau aplikasi Charging Management Software dari EVBox.

Memberikan akses ke semua stasiun pengisian daya listrik di seluruh Eropa, aplikasi (atau kartu) ini menawarkan kenyamanan dan efisiensi ekstra kepada penggunanya melalui satu platform terpusat untuk pembayaran, serta penyediaan data tentang kebiasaan pengisian ulang dan memungkinkan penggunanya untuk melakukan perjalanan dari Madrid ke Helsinki menggunakan solusi unik yang sama.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement