Jumat 03 Jan 2014 05:34 WIB
Bursa Transfer Pemain Sepakbola

Arsenal Memburu Berbatov

Dimitar Berbatov
Foto: football365.com
Dimitar Berbatov

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Arsenal bakal membuat kejutan kedua pada bursa transfer pemain. Setelah pada musim panas lalu berhasil mendatangkan Mesut Oezil, manajemen Arsenal dikabarkan siap menggebrak pada musim dingin dengan membeli Dimitar Berbatov dari Fulham.

//The Sun// memberitakan, pelatih Arsene Wenger butuh Berbatov untuk memperkuat lini depannya memasuki paruh kedua Liga Primer Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. Sebab, the Gunners telah kehilangan striker utama Olivier Giroud akibat cedera engkel, akhir pekan lalu.

Lukas Podolski yang baru kembali setelah empat bulan beristirahat akibat cedera hamstring belum menemukan sentuhannya. Sementara, striker alternatif Nicklas Bendtner harus beristirahat sekitar sebulan akibat cedera angkel kaki kanan seusai mencetak gol saat Arsenal mengalahkan Cardiff 2-0 di Stadion Emirates, Rabu (1/1).

Manajemen Arsenal siap menyodorkan uang 2 juta pound (Rp 40 miliar) demi mendatangkan Berbatov dari klub tetangga sekota. Peluang the Gunners mendapatkan Berbatov cukup besar karena kontrak pemain asal Bulgaria ini tinggal tersisa enam bulan. Bila tak segera melepasnya, Fulham terancam tak mendapatkan apa pun pada akhir musim ini arena Berbatov bakal berstatus bebas transfer.

Wenger belum mengeluarkan pernyataan apa pun terkait belanja musim dingin. Dia mengaku masih menunggu perkembangan. “Saya tidak tahu. Bukan berarti kami langsung ke bursa transfer setelah Nicklas cedera engkel,” kata Wenger seperti dikutip London Evening Standard, Kamis (2/1).

Arsenal berhasil mempertahankan posisi di puncak klasemen Liga Primer setelah menaklukkan Cardiff. Akan tetapi, kemenangan ini harus dibayar mahal dengan cedera yang menimpa Bendtner.

Striker timnas Denmark ini masuk menggantikan Podolski—yang bermain mengecewakan—pada menit ke-64. Dua menit sebelum waktu normal berakhir, Bendtner memecah kebuntuan dengan mencetak gol pembuka. Malangnya dalam gerakan lanjutan, engkel kaki kanan penyerang yang musim lalu sempat dipinjamkan ke Juventus ini tertimpa badan kiper Cardiff, David Marshall. Alhasil, ia merayakan gol sambil meringis kesakitan.

Sesaat kemudian, Bendtner keluar digantikan Thomas Vermaelen yang baru sembuh dari cedera. Pada injury time, gol Theo Walcott memastikan kemenangan the Gunners.

Wenger memperkirakan Bendtner tidak bisa sembuh dalam hitungan hari, tapi hitungan pekan. “Sangat sedih buat kami dan juga dia,” kata pelatih Arsenal Arsene Wenger seperti dikutip Guardian.

Tanpa Bendtner dan Giroud, Wenger terpaksa menggantungkan harapan kepada Podolski sebagai striker utama saat menjamu Tottenham Hotspur pada babak ketiga Piala FA di Stadion Emirates, Sabtu (4/1). Selain berharap Podolski segera menemukan insting golnya, Wenger juga menginginkan para pemain dari lini kedua menunjukkan ketajaman.

Wenger tidak menyukai kondisi ini. Sebab, sebelumnya ia sudah menaruh kepercayaan kepada Bendtner. Ia memuji perkembangan yang ditunjukkan Bendtner sepanjang paruh pertama Liga Primer.

“Saya sudah katakan kalau dia telah berada di level yang saya inginkan. Jika terus berkembang seperti itu, dia bisa berada di dalam tim. Sayang dia cedera,” sesal Wenger.

Pelatih asal Prancis ini mengatakan, ia tidak bisa menyetop keinginan Bendtner untuk pindah klub. Akan tetapi, kata dua, Bendtner sendiri yang menegaskan ingin tinggal di Arsenal. Wenger yakin Bendtner akan menjadi striker hebat bila memutuskan tetap membela the Gunners. n israr itah ed: israr itah

Dimitar Berbatov

Lahir: Blageovgrad 31 Januari 1981

Tinggi: 1, 89 meter

Posisi: striker

Gol: 4

Tembakan ke gawang: 16

Rasio tembakan berbuah gol: 25 persen

Fakta Angka

9 Dimitar Berbatov telah mencetak sembilan gol dalam sembilan pertandingan terakhir di Liga Primer pada Januari.

Berita-berita lain bisa dibaca di harian Republika. Terima kasih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement