Selasa 06 Mar 2012 09:33 WIB

Rajin Minum Multivitamin? Maaf, Belum Cukup untuk Sehat

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Endah Hapsari
vitamin/ilustrasi
Foto: lunchboxbunch.com
vitamin/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Anda rajin mengonsumsi multivitamin? Ternyata, rutinitas itu saja belum cukup untuk mencapai keinginan untuk hidup sehat.

Dari sebuah penelitian terungkap bahwa, perempuan yang mengonsumsi multivitamin tidak hidup lebih lama dibandingkan mereka yang hanya mendapatan nutrisi dari makanan saja. 

Di Amerika, sekitar separuh dari penduduk dewasanya rajin mengonsumsi suplemen. Penjualan tahunannya hingga mencapai 20 juta dolar. 

Ternyata, "Ada sangat sedikit bukti yangt menunjukkan bahwa suplemen akan bermanfaat dalam pencegahan penyakit kronis," kata Jaakko Mursu, peneliti dari universitas Minnesota. “Hanya suplemen kalsium yang diperkirakan bisa menurunkan angka kematian,” ungkapnya. 

Selain itu, pengecualian berlaku untuk konsumsi vitamin D. Salah satu penelitian terakhir menunjukkan, konsumsi ini dapat membantu perempuan sedikit hidup lebih lama.
Kendati begitu, Mursu mengingatkan bahwa studi ini tidak membuktikan suplemen berbahaya. "Saya lebih suka menyimpulkan bahwa tidak ada bukti untuk manfaat suplemen," katanya.
Duffi MacKay, ahli gizi dari Council for Responsible Nutrition, memberikan saran untuk hidup sehat yang lengkap. "Konsumsi banyak sayuran dan buah sebanyak mungkin. Di dalam makanan itu mengandung banyak vitamin dan mineral," ungkapnya.
 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement