Selasa 03 Jan 2012 16:45 WIB

Tolong, Cek Lingkar Pinggang Anda

Pemilik bobot badan berlebih harus lebih mewaspadai kesehatannya.
Foto: CORBIS
Pemilik bobot badan berlebih harus lebih mewaspadai kesehatannya.

REPUBLIKA.CO.ID, Kalau Anda termasuk orang yang hobi makan atau malas olahraga, hati-hati dengan lingkar pinggang Anda. Sekarang ini berat badan bukan jadi satu-satunya indikator untuk menentukan tubuh ideal. Lingkar pinggang turut menjadi indikator kesehatan.

Ini lantaran lingkar pinggang yang lebih besar ketimbang ukuran ideal bakal berisiko mendatangkan penyakit berbahaya seperti diabetes dan jantung. Jadi, mulailah mengukur lingkar pinggang Anda.Bila lingkar pinggang seorang pria lebih dari 90 cm dan perempuan melewati 80 cm, inilah saatnya untuk waspada. Tampaknya, Anda harus segera menjaga pola makan, berdiet, dan mulai giat berolahraga.

Mengukur lingkar pinggang memang menjadi satu cara untuk mengetahui apakah tubuh kita mulai membesar atau tidak. Menurut sejumlah dokter, mengukur lingkar pinggang adalah cara paling mudah dan paling menggambarkan lemak di perut.

Jangan anggap remeh soal lingkar pinggang ini. Ternyata, lemak perut paling berhubungan dengan penyakit karena kelebihan lemak di daerah perut meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler. Lemak adalah salah satu bagian dalam tubuh setiap orang selain otot dan cairan.

Untuk mengukur besarnya kadar lemak dalam tubuh, ada alat yang disebut body composition analyzer atau body fat analyzer. Kadar lemak dalam tubuh yang normal adalah 20-27 persen untuk wanita dan 18-20 persen bagi pria. Makin tua, komposisi lemak makin banyak. Makin muda, makin ke arah angka 20. Orang tua bisa dilihat dari lemak di perutnya. Walau kurus, kalau perutnya besar pertanda orang tersebut tua.

Jadi, jika ingin tampak muda, jaga perut Anda.

sumber : cnn
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement