Selasa , 07 Jun 2016, 19:14 WIB

Impor Daging Berlanjut Hingga Harga di Pasaran Rp 80 Ribu/Kg

Rep: Halimatus Sa'diyah​/ Red: Maman Sudiaman
Republika/Edwin Dwi Putranto
 Menteri Pertanian Amran Sulaiman.
Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan pemerintah akan terus mendatangkan daging sapi impor untuk menurunkan harga. Menurut Amran, impor akan dilakukan sampai target harga daging Rp 80 ribu per kilogram tercapai. 

"Selama dibutuhkan kita tambah (impor), sampai arahan Presiden harga turun jadi Rp 80 ribu," ujarnya di Kantor Presiden, Selasa (7/6). 

Pemerintah sendiri telah membuka keran impor daging sapi sebanyak 27 ribu ton. Impor dilakukan oleh perusahaan-perusahaan milik pemerintah, yakni Bulog, PT. Berdikari dan PD. Dharma Jaya. 

Berbicara terpisah, Menteri Perdagangan Thomas Lembong menyatakan bahwa pemerintah juga telah memberikan izin pada swasta untuk mengimpor daging sapi. Hingga saat ini kuota impor yang telah diberikan kepada swasta sebanyak 23.200 ton. 

Menurut Thomas, tahun lalu ada aturan bahwa impor daging hanya boleh dilakukan oleh BUMN. Namun, aturan tersebut telah dibatalkan sehingga swasta juga bisa mendapat izin mendatangkan daging impor. 

"Ini akan memperlebar dan membuka jalur impor daging sapi, yang kami harapkan akan bisa dengan pesat meningkatkan pasok daging sapi," katanya.

 

 

 

 

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan