Senin , 06 Jun 2016, 15:05 WIB

Kalimantan Selatan Optimistis Swasembada Pangan pada 2017

Red: Dwi Murdaningsih
Antara
Swasembada gula nasional ditarget 2014
Swasembada gula nasional ditarget 2014

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Gubernur Kalimantan Barat Cornelis MH optimis target swasembada pangan Kalimantan Barat pada tahun 2017 bisa tercapai. Optimisme ini melihat antusias petani mengembangkan dan mengolah lahan pertanian di daerah itu.

"Karena masyarakat semangat makanya saya juga semangat dan ikut turun ke lapangan untuk bertani, serta memotivasi para petani agar terus mengolah sawahnya sehingga bisa menghasilkan beras melimpah, bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan sisanya bisa dijual," kata Cornelis, Senin (6/6).

Dia menjelaskan pada tahun 2016, Kalbar mendapat jatah cetak sawah seluas 15 ribu hektare yang sudah diresmikan di Ketapang, Landak dan Sanggau. Untuk Kabupaten Sanggau paling besar yakni 5.000 hektare, landak 4.000 hektare.

"Petani harus tetap percaya diri, semangat dan bersungguh-sungguh, penganekaragaman tanaman agar dilakukan tanam apa saja yang menjadi keperluan hidup kita. Tanaman bisa bernafas sehingga bisa menutup lapisan ozon yang semakin menipis," tuturnya.

Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah pusat dan provinsi yang menganggarkan bantuan pertanian untuk luasan lahan terbesar di Kalbar, mencapai 5.000 hektare yang sudah diselesaikan sekitar 75 persen atau 3.000 hektare lebih.

Untuk mempertegas komitmen Pemerintah Kabupaten Sanggau dalam menuju swasembada pangan, pemda setempat mengeluarkan peraturan daerah tahun 2015 yang melarang pihak manapun mengubah lahan sawah menjadi lahan apapun sehingga Sanggau ke depan menjadi penghasil tiga komoditas besar yakni sawit, karet dan padi.

Sementara itu, Kasdam XII/Tanjungpura, Brigjen TNI Ahmad Supriyadi menyatakan, pihaknya selalu siap untuk membantu pencetakan sawah karena TNI merupakan tentara rakyat, tentara yang lahir dan berbuat untuk rakyatnya.

Dia mengatakan kegiatan perluasan sawah kerja sama antara Kodam XII/Tpr dan Dinas Pertanian Kalbar sesuai dengan MoU yang telah disepakati dimana proses pekerjaan di lapangan dilaksanakan oleh Kodam XII/Tpr, Wilayah Kalbar untuk cetak sawah seluas 17.695 hektare.

Ahmad menyebutkan jumlah lahan di wilayah Kabupaten Sanggau untuk perluasan sawah total mencapai lima ribu hektare hingga saat ini sudah terealisai mencapai 3.756 hektare atau sudah mencapai 76 persen.

Video

Setjen DPR RI Komit Berdayakan Perempuan