Kamis , 17 Mar 2016, 07:14 WIB

Gorontalo Utara Terima Bantuan 25 Traktor

Red: Taufik Rachman
Antara
Traktor bantuan untuk petani
Traktor bantuan untuk petani

REPUBLIKA.CO.ID,GORONTALO -- Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo memperoleh bantuan 25 unit traktor tangan dari Kementerian Pertanian.

Kunjungan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman yang melakukan panen raya jagung di Desa Ombulodata, Kecamatan Kwandang, membawa berkah yang banyak bagi petani di daerah ini, kata Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin, Kamis di Gorontalo.

Ia berharap bantuan tersebut akan meningkatkan produksi pertanian khususnya produksi jagung di daerah ini yang telah mencapai 53 ribu ton per tahun.

Indra mengatakan traktor tersebut akan didistribusi kepada para petani di 11 kecamatan.

Dia juga akan mengajukan tambahan bantuan alat dan mesin pertanian yang lebih banyak untuk tahun 2016 ini.

"Pemerintah daerah berharap bantuan alat dan mesin pertanian terus meningkat seiring peningkatan anggaran dana alokasi khusus (DAK) di sektor pertanian untuk peningkatan infrastruktur yang akan mendorong produktifitas dan mewujudkan swasembada pangan lokal maupun nasional.

Gorontalo Utara hingga saat ini berhasil surplus pangan, khususnya beras, yaitu 19.250 ton dari produksi gabah kering panen mencapai 55.000 ton per tahun, dengan kebutuhan konsumsi lokal per tahun mencapai 15.250 ton.

Tugas penting yang harus dituntaskan pemerintah daerah saat ini kata Indra, adalah membangun lumbung pangan di seluruh kecamatan, sebagai upaya menyimpan cadangan pangan dan mendorong kesejahteraan petani secara signifikan.

Paling penting, kata ia, adalah merubah pola pikir petani agar tidak menjual seluruh hasil pertaniannya, agar mereka bisa menikmatinya melalui pemanfaatan lumbung pangan.
Saat ini sudah ada 16 lumbung pangan tersebar di 11 kecamatan, kata Indra.

Video

Arus Mudik Lebaran, Ketua DPR: Semua Berjalan Lancar