Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

Sunday, 22 Zulhijjah 1442 / 01 August 2021

UEA Retas Komunikasi Michelle Obama dan Istri Emir Qatar

Senin 08 Feb 2021 11:22 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini

Michelle Obama.

Michelle Obama.

Foto: Reuters
Operasi intelijen canggih yang dilakukan oleh UEA dibantu mantan operator AS

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Mata-mata Uni Emirat Arab (UEA) meretas perangkat milik keluarga kerajaan Qatar. Hasil sadapan itu membuka komunikasi pribadi antara Ibu Negara Amerika Serikat (AS) saat itu, Michelle Obama, dan Yang Mulia Sheikha Moza binti Nasser.

Laporan itu terkuak dari sebuah buku baru oleh reporter New York Times, This Is How They Tell Me the World Ends: The Cyberweapons Arms Race, Nicole Perlroth. Buku itu menjadi pelapor pertama pengawasan komunikasi surel pada akhir 2015 antara Obama dan Sheikha Moza, istri mantan Emir Sheikh Hamad bin Khalifa Al Thani dari Qatar.

Baca Juga

Komunikasi yang disadap termasuk refleksi pribadi, detail keamanan, dan perubahan rencana perjalanan setelah Obama dijadwalkan untuk berbicara di Qatar pada pertemuan puncak pendidikan tahunan di Doha. Upaya mata-mata tersebut dilaporkan menyebabkan seorang operator AS mengundurkan diri dari program mata-mata dan meninggalkan Abu Dhabi.

"Saat itulah saya berkata, 'Kita tidak boleh melakukan ini. Kami seharusnya tidak menargetkan orang-orang ini," mantan analis Badan Keamanan Nasional AS (NSA) tersebut.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA