Senin 08 Feb 2021 11:06 WIB

Ratusan Bungkus Makanan Disalurkan ke Korban Banjir Jaktim

PMI menyebut ribuan jiwa terdampak banjir di empat wilayah Jaktim.

Banjir di Jakarta. Ilustrasi
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Banjir di Jakarta. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur menyalurkan bantuan makanan bagi korban banjir di sejumlah wilayah permukiman penduduk siang ini. Setidaknya ratusan orang lebih diperkirakan terdampak banjir luapan Sungai Ciliwung, Senin (8/2) pagi.

"Siang ini kita distribusikan tahap pertama bantuan makan siang berupa roti dan air mineral. Pada tahap lanjutan didistribusikan juga makanan berupa nasi bungkus pada sore nanti," kata Kepala Markas PMI Jakarta Timur Euis Komalasari di Jakarta.

Perempuan yang karib disapa Eki itu mengatakan bantuan didistribusikan bagi para pengungsi banjir di empat wilayah Jakarta Timur. Di antaranya di Kelurahan Bidaracina sebanyak 200 bungkus, Kelurahan Cawang sebanyak 200 bungkus, Kelurahan Kampung Melayu 250 bungkus, serta Kelurahan Kebon Manggis sebanyak 300 bungkus.

Menurut Eki, terdapat ribuan jiwa korban banjir di empat kelurahan tersebut yang berlangsung sejak Ahad (7/2) siang.

Ketinggian permukaan air di masing-masing wilayah berkisar antara satu hingga empat meter. Sebagian besar merendam rumah penduduk.

Ketinggian air di lokasi banjir di Tanjung Sanyang, Cawang, berkisar satu meter, Bidaracina ketinggian air di dekat pinggiran kali tiga hingga empat meter. "Penyebabnya dikarenakan hujan dari semalam dan aliran dari Bendung Katulampa, Bogor," katanya.

Eki menambahkan petugas di lapangan telah dibekali keterampilan untuk menjaga protokol kesehatan selama bertugas mendistribusikan bantuan makanan.

"Tetap kita jaga prokes sebab pasti bersentuhan dengan masyarakat yang terdampak selama distribusi makanan. Namun kita belum menggunakan hazmat, masih APD standar seperti masker, pencuci tangan, dan selalu jaga jarak aman," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement