Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Saturday, 22 Rabiul Akhir 1443 / 27 November 2021

Tanda-Tanda Usus Bermasalah, Anda Mengalaminya?

Rabu 27 Oct 2021 04:25 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Reiny Dwinanda

Sakit perut (Ilustrasi). Usus yang tidak sehat menyebabkan masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, kembung, gas, dan mulas.

Sakit perut (Ilustrasi). Usus yang tidak sehat menyebabkan masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, kembung, gas, dan mulas.

Foto: Republika/Prayogi
Ada sejumlah gejala umum yang menjadi penanda usus bermasalah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Usus manusia adalah rumah bagi berbagai mikroorganisme yang membentuk mikrobioma usus. Keseimbangan bakteri pada tubuh dapat membantu pengaturan berbagai fungsi tubuh.

Oleh sebab itu, ketidakseimbangan dapat menyebabkan kesehatan yang memburuk. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi keseimbangan mikrobioma usus adalah pola makan, gaya hidup, usia, dan banyak lagi.

Mengatur pola hidup dan mengendalikan serta mewaspadai gejala-gejala tertentu dapat membantu kita untuk mengontrol kesehatan usus. Berikut adalah beberapa gejala umum usus yang tidak sehat, dilansir laman Times Now News, Selasa (26/10).

1. Sering sakit perut
Usus yang tidak sehat menyebabkan masalah pencernaan, seperti sembelit, diare, kembung, gas, dan mulas. Hal ini disebabkan ketidakmampuan efektif eliminasi limbah, pengolahan, dan penyerapan makanan.

2. Permasalahan kulit
Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Microbiology berjudul "The Gut Microbiome as a Major Regulator of the Gut-Skin Axis", kesehatan usus dapat memengaruhi kesehatan kulit secara merugikan. Pencernaan yang tidak sehat juga akan meningkatkan risiko menderita eksim, psoriasis, dan jerawat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA