Senin 14 Dec 2015 08:27 WIB

Ini 4 Efek Buruk Diet yang Salah dan Cara Mengatasinya

Rep: C01/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Diet
Foto: Independent
Diet

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pola diet yang tidak mengandung keseimbangan gizi dapat menyebabkan seseorang kekurangan vitamin dan mineral yang penting. Akibat kekurangan gizi tersebut seseorang bisa mengalami malnutrisi dan muncul beragam gejala lainnya.

Satu hal yang mengkhawatirkan ialah kekurangan vitamin sulit untuk didiagnosa secara langsung. Meski begitu, sebenarnya gejala kekurangan vitamin yang utama adalah dapat membuat orang memiliki perasaan yang tidaj nyaman.

Beberapa gejala kurangnya asupan gizi ialah kelelahan, pusing, otot melemah, kebingungan hingga nafas tersengal atau tidak sepanjang biasanya. Untuk menghindari kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh, penting bagi orang yang berdiet untuk tetap memakan makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga agar kondisi badan tetap sehat. Beberapa bahan makanan tersebut ialah daging, produk susu dan padi-padian.

Di samping itu, seseorang juga perlu mengetahui vitamin dan mineral apa saja yang dibutuhkan tubuh agar tidak mengalami kekurangan gizi. Berikut ini ialah empat dari beberapa jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement