Senin 02 Nov 2020 11:46 WIB

Demo, Rute Bus Transjakarta Dialihkan

Demo buruh dan demo di Kedubes Prancis sebabkan rute Transjakarta dialihkan.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Indira Rezkisari
Bus Transjakarta melintas. Demo pada Senin (2/11) menyebabkan sejumlah rute Transjakarta terpaksa dialihkan.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Bus Transjakarta melintas. Demo pada Senin (2/11) menyebabkan sejumlah rute Transjakarta terpaksa dialihkan.

REPUBLIKA.CO.ID,

 JAKARTA -- PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengalihkan rute operasional layanan Koridor 1 Blok M - Kota, Senin (2/11). Pengalihan merupakan imbas penutupan jalan di sekitar Patung Kuda, Monas, Jakarta Pusat, dan Kedutaan Besar Prancis, Jalan MH Thamrin, lantaran sejumlah elemen masyarakat kembali berunjuk rasa.

Baca Juga

"Hal ini berdampak pada layanan Transjakarta di Koridor 1 yang akan dilakukan pengalihan rute agar tetap bisa melayani mobilitas masyarakat," kata Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Prasetia Budi dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/11).

Selain Koridor 1, beberapa rute bus lainnya juga mengalami pengalihan jalur. Yaitu, Koridor 1 (Blok M - Sarinah). Rutenya menjadi Lampu merah Sarinah - keluar jalur – lampu merah Bank Indonesia - belok kiri - Jalan Kebon Sirih - Hotel Milenium - belok kiri - Jalan Fachrudin - Jati Baru lurus - Jalan Cideng Barat – lampu merah Tarakan - belok kanan - Halte Petojo – Lampu merah Harmoni belok kiri - Harmoni - Kota.

Untuk Rute 6A (Ragunan-Monas via Kuningan) dan rute 6B (Ragunan-Monas via Semanggi) mengalami perpendekan rute menjadi Ragunan-Tosari terkait adanya penutupan jalan di kawasan Monas. Sedang koridor 2 (Pulogadung-Harmoni) mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di kawasan Juanda. Untuk sementara tidak melewati Juanda halte Pecenongan.

Prasetia menyebut, layanan bus Transjakarta akan kembali normal apabila kondisi sudah kondusif dan dapat dilintasi armada bus.

Selain itu, dia menuturkan, pihaknya juga bekerja sama dengan Polda Metro Jaya untuk memastikan keamanan pelanggan, petugas di lapangan dan keberlangsungan operasional Transjakarta hari ini. Dia menyebut, layanan bus Transjakarta akan kembali normal apabila kondisi sudah kondusif dan dapat dilintasi armada bus.

"Untuk itu, kami mengimbau bagi para pelanggan yang akan melakukan aktivitas untuk selalu berhati-hati di jalan, tetap waspada dan selalu mengutamakan keselamatan diri dan keluarga. Selalu pastikan untuk menerapkan 3M, yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," jelas Prasetia.

Sebelumnya, sebanyak 5.190 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan demonstrasi kelompok buruh di sekitar Patung Kuda dan kelompok PA 212 di Kedubes Prancis, Jakarta Pusat, Senin (2/11). Kelompok buruh bakal mengajukan judicial review UU Cipta Kerja ke Mahkamah Konstitusi. Massa ini dipimpin Andi Gani dan Said Iqbal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement