Rabu 22 Apr 2020 05:13 WIB

11 Sekolah di Jaksel Disiapkan untuk Penanganan Covid-19

Gedung sekolah akan digunakan untuk akomodasi tenaga medis dan tempat isolasi pasien.

Petugas memeriksa kamar di area hotel SMK Negeri 27 Jakarta, Selasa (21/4). Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sejumlah gedung sekolah untuk menjadi tempat tinggal sementara tenaga medis dan ruang isolasi pasien COVID-19
Foto: Prayogi/Republika
Petugas memeriksa kamar di area hotel SMK Negeri 27 Jakarta, Selasa (21/4). Pemprov DKI Jakarta menyiapkan sejumlah gedung sekolah untuk menjadi tempat tinggal sementara tenaga medis dan ruang isolasi pasien COVID-19

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 11 sekolah berasal dari jenjang pendidikan sekolah dasar dan menengah atas di wilayah Jakarta Selatan disiapkan sebagai fasilitas untuk penanganan Covid-19. Ketua gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Isnawa Adji yang juga wakil wali kota Jakarta Selatan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (21/4) malam, mengatakan, segala persiapan sedang dilakukan oleh jajaran terkait.

"Malam ini Pak Wali dan saya beserta pejabat adakan video conference menyosialisasikan pedoman penanganan Covid-19 di wilayah," kata Isnawa.

Baca Juga

Persiapannya merupakan tindak lanjut dari surat edaran Sekretaris Daerah DKI Jakarta nomor 29/2020. Lokasinya diusulkan oleh kelurahan setempat. Adapun fasilitas penanganan Covid-19 yang dimaksud adalah bangunan untuk akomodasi tenaga medis dan ruang isolasi pasien Covid-19.

Sekolah yang digunakan untuk akomodasi tenaga medis juga disiapkan empat SMK yang terletak di Kecamatan Pasar Minggu. Sementara itu, sekolah untuk tempat isolasi pasien Covid-19 yang akan digunakan sebanyak 11 unit.

Saat ditanyakan kategori pasien yang akan diisolasi di gedung sekolah apakah positif atau orang dalam pemantauan (ODP) atau pasien dalam pengawasan (PDP), Isnawa belum dapat memberikan informasi lanjutan. "Nanti saya info. Kami masih terus tunggu perkembangan," kata Isnawa.

Wakil Wali Kota Jakarta Selatan itu mengatakan, persiapan telah dilakukan. Menurut dia, pada dasarnya lokasi yang menjadi alternatif untuk fasilitas penanganan Covid-19 sudah siap. "Lokasi yang menjadi alternatif yang siap tidak memerlukan perbaikan berat. Sarana-prasarana sudah mendukung," kata Isnawa.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Selatan Joko Sugiarto menambahkan, pihaknya telah melakukan rapat dengan sekolah sejumlah terkait persiapan itu. "Intinya, tidak ada (sekolah) yang nolak," kata Joko.

Berdasarkan data sementara, 11 sekolah yang digunakan sebagai fasilitas penanganan Covid-19 meliputi sembilan sekolah yang berada di Kecamatan Pesanggrahan dan dua sekolah di Kecamatan Cilandak. Berikut perinciannya. 

Kecamatan Pesanggrahan

SDN Ujujami 04

SDN Ulujami 07

SDN Petukangan Selatan 03

SDN Petukangan Selatan 05

SDN Pesanggrahan 10

SDN Pesanggrahan 04

SDN Petukangan Utara 10

SDN Bintaro 04

SMA Negeri 86

Kecamatan Cilandak

SDN Gandaria Selatan 01

SMK Negeri 28

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement