Rabu 09 Jun 2010 03:51 WIB

Marek Hamsik (Slowakia): Teknik tak Meragukan

REPUBLIKA.CO.ID, Di kompetisi Seri A Liga Italia, Marek Hamsik tercatat sebagai salah satu gelandang terbaik. Di Italia dia bergabung bersama Napoli. Secara teknik tak ada yang perlu diragukan terhadap kemampuan pemain ini.

Hamsikk lahir 27 Juli 1987 di Banská Bystrica. Meski lahir Banská Bystrica, namun ia tidak pernah bergabung dengan klub di kotanya di Dukla Banská Bystrica.

Hamsik memulai kariernya di klub Slovan Bratislava di tahun 2004. Di klub ini ia hanya main satu kali dan juga mencetak satu gol sebelum kemudian langsung laku terjual. Adalah Brescia yang membelinya dengan harga 500 ribu euro.

Selama tiga musim Hamsik tampil membela Brescia. Di tahun 2007, ia bergabung dengan Napoli yang baru saja promosi ke Seri A. Brescia saat itu terdegradasi. Harganya saat itu sudah naik sepuluh kali lipat.

Sejak 2007 hingga kini, ia sudah main di 86 partai  bersama Napoli. Hasilnya, 26 gol berhasil dicetak Hamsik. Cukup banyak untuk ukuran seorang pemain tengah.

Hamsik membela negaranya sejak usia muda, di timnas U-17, U-19, dan U-23. Bersama timnas senior, debutnya ditorehkan pada 7 Februari 2004. Saat itu Slowakia memainkan partai persahabatan melawan Polandia yang berakhir 2-2. Dari situ ia selalu menjadi andalan di bagian kiri atau pusat lapangan tengah.

Statusnya kini sebagai pemain terbaik Slowakia. Tak mengherankan, jika Hamsik menjadi pemain kunci bagi negaranya di Piala Dunia 2010. Jika tampil maksimal, di posisi gelandang serang atau gelandang kiri, maka tim lawan harus siap-siap menghadapi sinyal bahaya.

sumber : Berbagai sumber
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement