Kamis 15 Dec 2022 14:29 WIB

Ini Ucapan Emiliano Martinez Kala Membakar Semangat Rekan Setimnya di Laga Vs Kroasia

Martinez mengingatkan rekan setimnya untuk bisa menjaga torehan clean sheet.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
 Kiper Argentina Emiliano Martinez .
Foto: EPA-EFE/Georgi Licovski
Kiper Argentina Emiliano Martinez .

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Argentina berhasil mengamankan satu tempat di partai final Piala Dunia 2022 usai menyingkirkan Kroasia di babak semifinal. Tidak tanggung-tanggung, Albiceleste sukses mencukur finalis Piala Dunia 2018, 3-0, dalam laga yang digelar di Stadion Lusail, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB.

Albiceleste membuka keunggulan atas Kroasia pada menit ke-34 lewat eksekusi penalti Lionel Messi. Wasit asal Italia, Daniele Orsato, memberikan hadiah penalti buat Argentina lantaran kiper Kroasia, Dominik Livakovic, dianggap melanggar Julian Alvarez.

Baca Juga

Hanya berselang lima menit kemudian, Alvarez menggandakan keunggulan Argentina. Penyerang Manchester City itu berhasil menyelesaikan serangan balik cepat. Alvarez menaklukkan Livakovic dengan sepakan tepat di depan mulut gawang Kroasia setelah melakukan solo run dari tengah lapangan.

Juara edisi terakhir Copa America itu menutup babak pertama dengan keunggulan dua gol. Argentina pun tercatat selalu mampu mencetak keunggulan dua gol terlebih dahulu dalam lima laga terakhir.

Seolah belajar dari kesalahan di babak perempat final, kala menghadapi Belanda, penjaga gawang Argentina, Emiliano Martinez, mengingatkan kembali rekan-rekan setimnya untuk bisa menjaga torehan clean sheet di laga ini. Mantan penjaga gawang Arsenal itu berusaha mengobarkan semangat rekan-rekan setimnya saat berada di ruang ganti pemain sebelum memasuki babak kedua laga tersebut.

''Hari ini, tidak ada gol buat mereka, kawan-kawan. Jika ingin mencetak gol, maka mereka harus membunuh saya terlebih dahulu. Kita tidak memberikan apapun pada hari ini, tidak memberikan apapun,'' ujar Martinez seperti diungkap Mundo Albiceleste, Kamis (15/12/2022).

Argentina terbukti bisa mencatatkan clean sheet di laga tersebut. Bahkan, lewat kreasi dari Lionel Messi, Albiceleste bisa menambah keunggulan pada babak kedua. Messi, yang berhasil melewati adangan Josko Gvardiol, melepaskan umpan tarik yang dimaksimalkan oleh Alvarez pada menit ke-69.

Albiceleste memang harus berjuang keras kala menyingkirkan Belanda di babak perempat final. Telah mengantongi keunggulan dua gol saat laga telah menginjak menit ke-73, Argentina malah kebobolan dua gol pada 10 menit akhir laga, termasuk gol pada menit terakhir masa injury time.

Pertandingan itu akhirnya dilanjutkan ke masa tambahan waktu dan berakhir dengan babak adu penalti. Martinez tampil apik dan mampu menghalau eksekusi penalti Virgil van Dijk dan Steven Berghuis. Albiceleste pun melaju ke babak semifinal dengan kemenangan, 4-2, atas Belanda via babak adu penalti.

Baca juga : Prancis Jumpa Argentina di Final Piala Dunia 2022

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement