Jumat 24 Apr 2020 11:59 WIB

Ribuan Mobil Hyundai Mangkrak di Pelabuhan AS

Hyundai mengira pasar AS akan pulih pada Maret atau April.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Beberapa waktu lalu pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai, telah memamerkan konsep ‘mobil terbarng’ yang baru diusungnya ke Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas (Ilustrasi logo Hyundai)
Foto: Flickr
Beberapa waktu lalu pabrikan mobil asal Korea Selatan, Hyundai, telah memamerkan konsep ‘mobil terbarng’ yang baru diusungnya ke Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas (Ilustrasi logo Hyundai)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK--Pandemi corona harus disikapi oleh pabrikan otomotif dengan bijak. Segala keputusan pun harus diimbangi dengan kalkulasi yang akurat. Tapi, sepertinya kali ini Hyundai sempat melakukan spekulasi yang terlalu percaya diri.

Dilansir dari Car and Driver pada Jumat (24/4), Hyundai dinilai terlalu optimistis dalam membaca pasar di Amerika Serikat (AS). Hal itu pun kemudian membuat ribuan mobil baru Hyundai harus mangkrak di pelabuhan AS.

Baca Juga

Terbengkalainya mobil baru itu sendiri terjadi karena Hyundai sempat mengira bahwa pasar di AS akan segera pulih pada Maret atau pun April. Oleh karena itu, Hyundai pun meningkatkan kuantitas ekspor ke Amerika. Hal ini juga dilakukan sebagai pengalihan persedian unit untuk Korea karena pandemi di Korea masih cukup tinggi.

Spekulasi Hyundai pun membuat pabrikan tersebut mengirim kendaraan sebanyak sekitar 33 ribu unit ke AS pada Maret 2020. Angka ini naik 4,3 persen dibanding pengiriman Hyundai pada Maret 2019.

Tapi, sampai saat ini ternyata sebagian wilayah di AS masih menekan aktivitas demi mencegah penyebaran corona. Dealer mobil pun belum diizinkan untuk kembali beroperasi karena bukan merupakan keperluan mendasar bagi masyarakat.

Di satu sisi, dealer Hyundai di AS pun belum ada yang tertarik untuk mempersiapkan persediaan unit terlalu banyak. Alhasil, ribuan mobil yang telah dikirim itu pun kini terpaksa terbengkalai di pelabuhan.

CEO Hyundai Motor Amerik, Jose Muñoz mengatakan, saat ini produk tersebut memang dihadirkan sebagai persediaan untuk pasar AS. Diharapkan, saat nantinya kondisi sudah mulai pulih, masyarakat dapat segera menikmati produk dari Hyundai karena unit sudah siap untuk segera dikirim kepada konsumen.

Hyundai pun menilai pengiriman ini juga bertujuan untuk melakukan pemulihan yang lebih cepat daripada kompetitor ketika krisis mulai melunak dan ekonomi global mulai stabil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement