Penghuni Masjid Tenda Gaza dan Cita-Cita Syahid Bersama Alquran

Jika wafat ingin dalam keadaan menghafal Alquran

X
Masjid Tenda di Gaza
Red: A.Syalaby Ichsan

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA -- Di tengah teriknya musim panas di Gaza, sekelompok gadis dan perempuan berjalan menuju tenda masjid di Deir Al Balah, melewati jalan-jalan yang dibanjiri air limbah dan dipenuhi reruntuhan akibat pengeboman Israel.

Baca Juga

Pada tanggal 4 Juni 2024, masjid tenda menjadi saksi peristiwa penting ketika enam wanita membacakan seluruh Alquran dari hafalan dalam sekali duduk. Shaymaa Abualatta yang berusia dua puluh tahun memutuskan untuk mendokumentasikan peristiwa tersebut.

“Ketika gadis-gadis itu selesai membaca, kami semua menangis dan bersyukur kepada Allah atas berkah yang luar biasa ini,” kata Shaymaa, dilansir dari laman TRT World, Jumat (28/6/2024)

“Saya merasa sangat bersyukur menyaksikan orang-orang menyimpan Alquran di dalam hati mereka, terutama di masa-masa sulit ini. Itu sangat berkesan,” ujarnya.

Sebelum perang, Shaymaa adalah mahasiswa teknik komputer tahun ketiga di Universitas Islam Gaza. Hidupnya berkisar pada universitas, lingkungan, dan keluarganya. Namun, perang membalikkan segalanya.

Pengungsi Palestina melaksanakan salat Jumat di samping reruntuhan Masjid Al-Islam, yang sebelumnya hancur akibat serangan udara Israel, di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan, (24/5/2024). - (EPA-EFE/HAITHAM IMAD)

Rumah keluarga Shaymaa di Shejaiya, salah satu lingkungan terbesar di Gaza, dihancurkan oleh penembakan dan serangan udara Israel. Keluarga tersebut harus segera mengungsi, masing-masing hanya membawa satu tas.

Shaymaa mengatakan, mereka telah mengungsi berkali-kali sehingga dia tidak dapat menghitungnya, namun dengan jelas dia mengingat tiga kejadian di mana dia selamat dari pengalaman mendekati kematian selama serangan udara, di mana beberapa di antaranya menghantam di dekatnya dan memecahkan jendela mereka.

Setelah tiba di Deir Al Balah di Gaza tengah, dan tinggal selama lebih dari enam bulan di tenda-tenda yang dibangun dengan tergesa-gesa dan penuh sesak tanpa akses terhadap listrik, air bersih, atau perlindungan dari panas yang ekstrim, Shaymaa, keluarganya dan orang lain di kamp tenda merasa sangat tertekan. mereka “harus melakukan sesuatu untuk menjaga kewarasan mereka.”

“Kami perlu mendapatkan kembali esensi dari kehidupan kami sebelumnya. Rutinitas kami berubah menjadi serangan udara, pemboman, dan duka karena kehilangan orang-orang terkasih,” katanya.

Shaymaa kehilangan 70 anggota keluarganya, termasuk nenek, sepupu, dan pamannya.

 

Ingin wafat dalam keadaan menghafal Alquran...

 

Untuk mengembalikan kondisi seperti normal, Shaymaa dan orang lain di kamp pertama-tama beralih ke belajar dan mengajar anak-anak.“Tetapi sesuatu yang memberi kami banyak kekuatan adalah Alquran. Jadi kami harus mengembalikan Alquran,” katanya.

Mereka awalnya berkumpul di tenda Shaymaa, namun karena semakin banyak orang yang bergabung dengan lingkaran mereka atau halaqa, sebuah pertemuan keagamaan untuk mempelajari Islam dan Alquran, mereka membutuhkan ruang yang lebih besar. Saat itulah ide masjid tenda muncul, kata Shaymaa.

Bibinya, Khadijah, yang juga pengajar Alquran mereka, menghubungi berbagai organisasi untuk mendapatkan pendanaan, dan pada akhir Februari, mereka mampu membangun tenda yang didedikasikan untuk sholat dan halaqa Alquran. Mereka menamakannya “Ruang Doa Lingkaran Sabda Baik”.

Pengungsi Palestina melaksanakan salat Jumat di samping reruntuhan Masjid Al-Islam, yang sebelumnya hancur akibat serangan udara Israel, di Khan Yunis, Jalur Gaza selatan, (24/5/2024). - (EPA-EFE/HAITHAM IMAD)

Masjid tenda dapat menampung pria dan wanita dari segala usia, mulai dari anak-anak berusia tiga tahun hingga orang lanjut usia berusia 70-an dan 80-an. Sesi perempuan diadakan pada hari Selasa dan Kamis mulai pukul 10.00 hingga adzan sekitar pukul 12.30, dengan sekitar 100 siswi berkumpul untuk menghafal dan mengaji.

Shaymaa mengatakan, beberapa orang telah memulai perjalanannya dalam menghafal Alquran, namun banyak pula yang memulainya pada masa perang.

“Yang memotivasi kami adalah pola pikir bahwa kami bisa wafat kapan saja. Kami ingin hal terakhir yang kami lakukan adalah menghafal Alquran dan bertemu Allah dengan itu di hati kami,” katanya.

Banyak wanita yang kehilangan orang yang mereka cintai merasa terhibur dengan berdoa agar pembacaan dan penghafalan Alquran mereka akan memberi pahala bagi mereka yang telah kehilangan.

Di masjid tenda, pembacaan Alquran setiap hari adalah hal biasa karena komunitas berupaya untuk membaca seluruh Alquran dalam satu kali duduk dan mempersiapkan diri untuk acara penting ini.

“Kami mempunyai hari ini, setiap bulan, di mana kami berkumpul untuk mendengarkan para peserta membaca bagian-bagian Alquran yang berbeda, sebanyak yang mereka bisa,” kata Shaymaa.

Bagi Iman, Afnan, dan Aya, tanggal 4 Juni adalah hari besar mereka. Iman Asem, 34 tahun dengan gelar sarjana Hukum Islam, termasuk di antara enam wanita yang membacakan Alquran sekaligus. Mengungsi dari rumahnya di lingkungan Al-Zaytoun di Gaza utara, dia sekarang tinggal di kamp Abu Ammar Al Zawaida, tempat masjid tenda berada.

Meskipun kehidupan mereka sangat berbeda dan kondisi di dalam tenda sangat keras, dimana suhu sekarang mencapai lebih dari 35 derajat. Tanpa kenyamanan, istirahat dan keamanan di tengah pemboman, Iman mengatakan dia tetap bersyukur atas keberadaan masjid sementara yang mereka miliki.

“Allah telah menganugerahkan kepada kita sebuah masjid tenda, yang merupakan bekal yang Dia berikan kepada kita untuk memiliki tempat sholat di tempat pengungsian, meskipun hanya tenda. Banyak kamp yang tidak memiliki fasilitas seperti itu,” kata Iman.

“Alquran adalah sahabat dan sahabat bagi mereka yang tidak mempunyai sahabat. Kapanpun jiwa dan hati kita merasa lemah, kita berpaling kepada Alquran untuk memberi kita energi dan kemampuan untuk tetap tabah dalam menghadapi cobaan besar ini.”

Afnan Heles, seorang siswi SMA di Kota Gaza sebelum perang, kini menghabiskan sebagian besar waktunya di tenda masjid.

“Setelah perang dimulai, semua aktivitas rutin kami, termasuk pendidikan, terhenti. Tapi, Allah memberi kompensasi kepada kami di kamp kami dengan tenda sholat,” katanya.

“Meski hanya tenda, saya menghabiskan seluruh waktu saya di sana untuk menghafal, mengkaji, mengaji, dan mengajarkan Alquran kepada para santri.”

Bagi Aya Qalaja, 29 tahun, tenda masjid adalah cahaya penuntun. Setelah membaca seluruh Alquran dari hafalan dua kali sebelumnya, masjid tenda membantunya meninjau dan memantapkan hafalannya.

Aya memuji komitmen mereka untuk menghafal Alquran atas dukungan guru mereka, Khadijah, yang mendorong mereka untuk terus melanjutkan meskipun dalam keadaan sulit.

Shaymaa menambahkan, Khadijah selalu mengingatkan mereka untuk mengaji dengan ikhlas, memohon kepada Allah untuk mengakhiri perang dan meringankan perjuangan mereka.

“Kami percaya bahwa semakin dekat kami dengan Alquran dan semakin banyak kami menghafal, semakin dekat kami untuk mengakhiri perang dan penderitaan, Insya Allah,” ujar dia. 

Israel kembali menggempur Jalur Gaza setelah berakhirnya gencatan senjata pada Jumat (1/12/2023) pagi. - (Tim Infografis Republika.co.id)

 
Berita Terpopuler