Seantero Gaza Kini Nyaris tak Bisa Dihuni

Sedikitnya 37.718 warga Palestina telah syahid, kebanyakan anak-anak dan perempuan.

AP Photo/Jehad Alshrafi
Warga Palestina yang mengungsi akibat serangan udara dan darat Israel di Jalur Gaza duduk di tenda kamp darurat di Khan Younis, Gaza, Selasa, 18 Juni 2024.
Red: Fitriyan Zamzami

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Kondisi Jalur Gaza setelah dibombardir tanpa henti oleh Israel selama sembilan bulan makin memprihatinkan. Lembaga-lembaga kemanusiaan menyatakan kota itu sudah tak bisa lagi dihuni.

Baca Juga

Arwa Damon, pendiri Jaringan Internasional untuk Bantuan, Pertolongan dan Bantuan (INARA), mengatakan bahwa dalam perjalanannya baru-baru ini ke Kota Gaza untuk mendistribusikan bantuan, dia melihat “betapa luasnya kehancuran yang terjadi pada setiap aspek kehidupan yang dapat menyebabkan kehancuran. Jalur Gaza tidak bisa dihuni”.

“Di tempat saya berdiri sekarang di Deir el-Balah, ini adalah satu-satunya wilayah di Gaza yang secara relatif masih berdiri. Setiap bagian dari hamparan kecil tanah ini telah benar-benar tidak dapat dihuni,” katanya kepada Aljazirah dari Deir el-Balah, semalam.

Menurutnya, di wilayah utara, tidak hanya terdapat kekurangan bahan makanan pokok dan perlengkapan kebersihan. Tetapi juga terdapat orang-orang yang berusaha bertahan hidup di atas puing-puing rumah mereka tempat orang-orang yang mereka cintai syahid akibat serangan Israel.

Damon mengatakan, dari tayangan Kota Gaza, warga tidak dapat mengenali jalan atau jalan raya utama karena tingkat kerusakan yang parah.

“Sebagian besar akan memberitahu Anda bahwa mereka hampir tidak mengenali diri mereka sendiri atau rekan mereka sendiri. Ada ketakutan yang sangat nyata mengenai meningkatnya pelanggaran hukum, aktivitas kriminal, penjarahan, yang mengarah pada perbincangan tentang siapa yang akan memulihkan kode moral yang ada di masyarakat.”

Khaled Shakshir, seorang sukarelawan teknisi rumah sakit di Rumah Sakit Al-Aqsa di Deir el-Balah di Gaza tengah, mengatakan kondisi di mana fasilitas kesehatan tersebut beroperasi “tidak normal”. Ia berjuang untuk menjaga peralatan tetap berfungsi.

Sambil menunjuk pada dua alat penguat gambar – mesin yang digunakan dalam operasi dan prosedur lainnya – Shakshir mengatakan kepada Aljazirah bahwa selama 10 hari terakhir, tidak ada satupun yang berfungsi. Salah satu dari keduanya akhirnya diperbaiki kemarin.

“Semua operasi dan pembedahan darurat harus ditunda dan pasien semakin menumpuk, sehingga menjadi beban kerja yang besar bagi para dokter,” katanya. Yang memperparah masalah, Shakshir mengungkapkan bahwa ketiga mesin anestesi di rumah sakit juga mati.

“Pandangan saya secara keseluruhan mengenai situasi ini sungguh tidak tertahankan. Itu tidak normal. Rumah sakit tidak seharusnya seperti itu. Rumah sakit penuh sesak. Mereka berjalan dengan kapasitas 300 persen,” katanya.

Sementara situasi di Gaza utara masih sangat fluktuatif, sehubungan terbatasnya bantuan yang masuk ke wilayah tersebut, menurut Hisham Mhanna, juru bicara Komite Palang Merah Internasional (ICRC).

“Selama berminggu-minggu ini, asupan nutrisi yang diperlukan bagi banyak orang sangat terbatas, dan hal ini dapat menimbulkan konsekuensi yang tidak dapat diubah bagi banyak kelompok rentan, termasuk bayi baru lahir, wanita hamil, orang yang sakit dan terluka,” katanya kepada Aljazirah.

“Kita tidak boleh mencapai titik di mana dunia menyatakan kelaparan di Gaza. Hal ini harus dicegah dan dihentikan dengan tindakan segera.” Lebih lanjut, Mhanna mengatakan bahwa Israel, sebagai “kekuatan penjajah”, harus memastikan warga sipil memiliki akses terhadap kebutuhan termasuk makanan, obat-obatan dan keamanan.

Anak-anak berdiri di pertemuan pengungsi Palestina untuk mengumpulkan makanan yang disumbangkan oleh kelompok amal, di kamp Khan Yunis, Jalur Gaza selatan, 15 Juni 2024. - (EPA-EFE/HAITHAM IMAD)

Dua hari belakangan merupakan masa yang penuh kekerasan, berdarah, dan brutal bagi warga Palestina di Gaza. Terdapat lebih banyak serangan terhadap wilayah padat penduduk, baik di bagian utara Jalur Gaza, wilayah tengah Nuseirat atau lebih jauh ke bagian selatan Gaza, di mana militer Israel masih beroperasi  menghancurkan dan secara sistematis menghancurkan rumah-rumah penduduk di kota Rafah.

Serangan-serangan ini terjadi terhadap populasi yang telah digiring dari satu tempat ke tempat lain, dan telah mengungsi lebih dari satu kali. Banyak wilayah di Gaza yang setiap hari mengalami dehidrasi dan kelaparan.

Bukan hanya bom tak terduga yang membunuh banyak orang. Saat bom berhenti jatuh, orang-orang dikhawatirkan tak bisa bertahan hidup terkait situasi yang mengerikan di Gaza.

Sedangkan kantor berita WAFA melansir, pemboman Israel di kamp pengungsi Jabalia, utara kota Gaza, Rabu malam menewaskan delapan warga Palestina dan melukai lainnya, menurut sumber lokal.

Mereka mengatakan bahwa pasukan pendudukan Israel menargetkan daerah al-Alami di kamp tersebut, yang merupakan kamp pengungsi terbesar dari delapan kamp pengungsi di Jalur Gaza, yang mengakibatkan terbunuhnya sedikitnya delapan orang dan melukai lainnya.

Israel terus melakukan serangan genosida di Jalur Gaza yang dilanda perang dengan mengabaikan Mahkamah Internasional (ICJ), yang memerintahkan Israel dalam keputusan yang mengikat secara hukum untuk menghentikan serangan militernya di Rafah.

Israel telah melancarkan perang dahsyat di Gaza sejak 7 Oktober, menewaskan sedikitnya 37.718 warga Palestina dan melukai lebih dari 86.377 lainnya. Selain itu, setidaknya 10.000 orang masih belum ditemukan, diperkirakan tewas di bawah reruntuhan rumah mereka di seluruh Jalur Gaza.

Organisasi-organisasi Palestina dan internasional mengatakan bahwa mayoritas dari mereka yang terbunuh dan terluka adalah perempuan dan anak-anak.

Agresi Israel juga mengakibatkan hampir dua juta orang terpaksa mengungsi dari seluruh Jalur Gaza, dengan sebagian besar pengungsi terpaksa mengungsi ke kota Rafah di bagian selatan yang padat penduduknya, dekat perbatasan dengan Mesir. Ini eksodus massal terbesar sejak Nakba 1948.

 
Berita Terpopuler