Menanti Kehadiran Poco F6 di Indonesia, Apa Saja Fitur Unggulannya?

Poco F6 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 8s Gen 3 dari Qualcomm.

Dok. Instagram/@poco.global
Poco F6. Penggemar Poco di Indonesia tengah menantikan debut resmi Poco F6 di Tanah Air.
Rep: Gumanti Awaliyah Red: Qommarria Rostanti

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Penggemar Poco di Indonesia tengah menantikan debut resmi Poco F6 di Tanah Air. Ponsel yang sebelumnya telah diluncurkan secara global pada 23 Mei di Dubai, Uni Emirat Arab, dikabarkan segera rilis di Indonesia.

Baca Juga

Meskipun belum ada informasi resmi kapan ponsel tersebut resmi hadir di Tanah Air, namun Poco telah hadir di beberapa negara seperti India. Beberapa media India telah mengulas bagaimana fitur-fitur unggulan dari smartphone tersebut.

Dilansir Techpp, Kamis (20/6/2024), Poco F6 dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 8s Gen 3 dari Qualcomm. Ini adalah bagian dari seri prosesor Qualcomm seri 8 tingkat unggulan dan hanya setingkat di bawah prosesor Snapdragon 8 Gen 3, sekaligus selangkah lebih maju dari Snapdragon 8 Gen 2.

Bukan hanya itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan RAM LPDDR5X dan penyimpanan UFS 4.0, yang dirancang khusus untuk kinerja dan multitasking berkecepatan tinggi. Ada banyak RAM dan penyimpanan yang ditawarkan termasuk varian 8 GB/256 GB, 12 GB/256 GB, dan 12GB/512 GB.

Ponsel ini hadir dengan layar AMOLED 6,67 inci dengan resolusi 1.5K+ (2712 x 1220) dengan kecerahan maksimum sekitar 2400 nits dan dukungan untuk HDR10+. Ponsel ini juga dilaporkan memiliki dua kamera di bagian belakang - sensor utama Sony IMX882 50 megapiksel dengan OIS dan ultra wide 12 megapixel - dan kamera selfie 20 megapiksel.

Poco F6 juga dilaporkan menggunakan baterai 5000 mAh dengan dukungan Turbo Charging 90W dan pengisi daya 120W. Selain itu, Poco F6 memiliki perlindungan Gorilla Glass Victus premium pada layarnya, namun bingkai dan bagian belakangnya terbuat dari plastik. Secara keseluruhan, Poco F6 terlihat cukup cerdas tetapi tidak luar biasa dalam hal desain.

Dengan perangkat keras tersebut, tidak mengherankan jika Poco F6 muncul sebagai perangkat yang luar biasa dalam hal bermain game. Layarnya sangat cerah dan menghasilkan warna yang bagus, dan sistem speaker gandanua menjadi salah satu yang terbaik yang pernah ada di segmen ini, dengan volume yang cukup baik untuk memenuhi ruangan.

Namun semua ini hanya pelengkap bagi prosesor luar biasa yang mampu mengatasi segala hal mulai dari game Call of Duty, Genshin Impact, hingga Asphalt dengan sangat mudah. Game-game berjalan lancar di ponsel ini. Menurut review TechPP, Poco F6 juga sangat bandel saat menangani game aksi yang melibatkan banyak duel dan animasi yang berubah cepat, seperti Shadow Warrior dan Devil May Cry. Kualitas layar dan speaker yang bagus juga menambah kesan zen pada Alto's Odyssey yang elegan dan membuat The Room menjadi jauh lebih mencekam.

Namun memang, Poco F6 dapat sedikit memanas dari waktu ke waktu, meskipun tidak pernah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan. Kombinasi layar dan speaker juga membuat ponsel ini menjadi ponsel yang bagus untuk menonton film dan video.

Ponsel ini dilengkapi dengan ketahanan debu dan air IP64, yang membuatnya cukup aman untuk digunakan dalam hujan, meskipun tidak akan bertahan saat dicelupkan ke dalam air.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, Poco F6 menjadi pilihan yang menarik di segmen menengah. Merujuk harga pasar di India, Poco F6 dijual berdasarkan RAM dan penyimpanan yakni 8 GB/256 GB senilai Rs 29,999 atau sekitar Rp 5,8 jutaan; 12GB/ 256 GB dijual dengan harga Rs 31,999 atau sekitar RP 6,2 jutaan; serta 12 GB/512 GB dijual dengan harga Rs 33,999 atau sekitar Rp 6,6 jutaan.

 
Berita Terpopuler